Wisata Namu Masuk Dalam Zona Pertambangan
Keterangan Gambar :

Wisata Namu Masuk Dalam Zona Pertambangan

82 views
0

Kendari-Radarsultra.co.id: Wisata Namu yang Terletak di Kabupaten Konsel telah masuk kedalam willayah zona pertambanagan dalam hal ini telah mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) dari pemerintah setempat.

Hal itu disampaikan oleh Project Leader Ruruhi, Fior Yasrin saat ditemui disalah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (14/1/2017).

“Seperti kita ketahui Namu dan sekitarnya itu termasuk dalam zona pertambangan, udah ada izin ekspolarasi bahkan peningkatannya itu izin produksi,” kata Yasrin.

“Yang mengkantongi IUP itu seperti PT Panji Nugraha Sakti, itu salah satu pemegang izin IUP tapi kita belum tahu pasti apa berlanjut atau tidak,” lanjutnya.

Ruruhi hanya bisa berusaha dan mendorong agar Namu bisa menjadi tempat wisata tapi semua dikembalikan kepemerintah sebagai pemeberi izin apakah akan mempertahankan Namu sebagai daerah wisata atau menjadi daerah pertambangan.

Dengan adanya Wisata Namu beberapa bulan terakhir, sudah bisa diliat pemasukan masyarakat secara makro sudah bisa menghasilkan, dari berdatangnya wisatawan dan dengan berfungsi kembali alat transportasi kapal yang sebelumnya hanya lewat. Secara otomatis pendapatan daerah bisa bertambah.

“Ruruhi lagi menggagas pembuatan ekonomi kreatif karna kita lagi coba bikin pelatihan-pelatihan, di Namu sendiri banyak sekali terdapat bahan baku untuk membuat kerajinan tangan, dll,” tutup Yasrin. (C)

About author