Webinar KPCPEN, Manfaat Program PEN Bagi UMKM Buton Utara
Keterangan Gambar : Webinar KPCPEN, Program PEN Bagi UMKM

Webinar KPCPEN, Manfaat Program PEN Bagi UMKM Buton Utara

0

Butur, Radarsultra.co.id – Dinas Komunikasi, informatika dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Buton Utara (Butur) kembali menggelar seminar virtual (Webinar) pada Sabtu, 29 November 2020.

Ketgam : Webinar KPCPEN, Program PEN Bagi UMKM

Pada Webinar kali ini, secara khusus mengangkat tema “Manfaat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)” dengan menghadirkan dua pemateri yakni Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Butur, DR. Muhammad Rajab Rusman dan Kepala Bidang Koperasi, Dinas Koperasi, UKM dan Naker Kabupaten Butur, Drs. Sijee.

DR. Rajab dalam materinya menyampaikan, Pandemik Covid-19 berdampak pada berbagai sektor kehidupan, baik itu kesehatan, sosial, ekonomi dan keuangan. Ia menjelaskan, di masa Pandemi ini juga terjadi peralihan perilaku pada konsumen.

Terjadi perubahan perilaku pada konsumen, diantaranya gaya hidup baru stay at home dengan adanya kebijakan perusahaan-perusahaan dan dunia pendidikan untuk melakukan Work From Home (WFH), termasuk kebiasaan konsumen menghindari kontak fisik dan beralih ke media digital,” kata Rajab saat memaparkan materinya dalam Webinar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Sabtu (28/11/2020).

Efek domino multi sektor Pandemik Covid-19 itu secara otomatis berpengaruh pada UMKM dengan menurunnya permintaan atau penjualan, terhambatnya produksi dan distribusi atau operasional hingga sulitnya bahan baku dan permodalan.

Untuk membangun produktivitas dalam mendorong UMKM di Masa Pandemik Covid-19, DR. Rajab memandang perlu melakukan beberapa inovasi dalam mempersiapkan kompetisi tenaga kerja UMKM salah satunya dengan mengubah mindset dan meningkatkan produktivitas ke arah digitalisasi di lingkup UMKM.

“Manfaat teknologi digital dalam bisnis diantaranya Akses pasar yang luas lokal maupun global, 24 jam non stop, biaya murah, omset meningkat, pengembangan usaha dan produk branding,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Rajab juga memberikan lima strategi pemasaran yang dinilai efektif dapat meningkatkan UMKM yakni, menciptakan produk yang unik dan kreatif, membuat tujuan iklan yang jelas atau bermanfaat, lakukan digital dan online marketing melalui Media sosial. Kemudian, membuat promo menarik seperti diskon, dan terakhir yang menjadi kuncinya adalah konsisten.