Waspada Investasi Illegal, OJK Sultra Minta Masyarakat Pahami Tiga Hal
Keterangan Gambar : Bincang Jasa Keuangan (Bijak 2021) Ojk sultra

Waspada Investasi Illegal, OJK Sultra Minta Masyarakat Pahami Tiga Hal

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Selama tahun 2020, Satgas Waspada Investasi Pusat (SWI) telah menangani sejumlah 1.447 entitas investasi ilegal.

Ketgam : Bincang Jasa Keuangan (Bijak 2021) Ojk sultra

Rincian entitas investasi ilegal tersebut, yaitu 346 entitas investasi ilegal diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin dari otoritas yang berwenang dan berpotensi merugikan masyarakat, 75 entitas gadai ilegal, dan 1.026 entitas fintech peer-to-peer lending ilegal.

Terkait hal tersebut, OJK Sultra selaku Ketua Satgas Waspada Investasi Daerah mengimbau kepada masyarakat agar sebelum melakukan investasi untuk memahami beberapa
hal dalam berinvestasi.

Pertama yaitu memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut
memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Kedua, memastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar.

Ketiga, memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam
media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang￾undangan; 4. Menggunakan akal sehat atas kewajaran imbal hasil/keuntungan/bonus dan sejenisnya atas produk yang ditawarkan.

Jikalau sudah tidak wajar maka kembali pastikan legalitas, sederhana dapat diringkas dengan 2L, yaitu Legal dan Logis,” ujar Kepala OJK Sultra, Mohammed Fredly Nasution dalam kegiatan Bijak 2021 bersama awak media di Kantor OJK Sultra, Jumat, (05/02/2021).

Selain itu, untuk masyarakat yang ingin mengetahui informasi mengenai daftar perusahaan yang tidak memiliki izin dari otoritas berwenang dapat diakses melalui Investor Alert Portal pada www.sikapiuangmu.ojk.go.id.

Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157 (WA 081157157157), email [email protected] atau [email protected]