Wali Kota Kendari; Hal yang Perlu Dihindari Saat Berpuasa Selain Lapar dan Dahaga

Wali Kota Kendari; Hal yang Perlu Dihindari Saat Berpuasa Selain Lapar dan Dahaga

0

Kendari, Radaraultra.co.id – Selain menahan lapar dan dahaga, ada beberapa hal yang perlu dihindari umat muslim saat berpuasa.

Ketgam: Pelaksanaan Shalat Tarawi di masjid Al Kautsar Kendari

Hal inilah yang disampaikan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dalam safari Ramadhan 1443 Hijriah malam ke-13 yang berlangsung di Masjid Al-Khautsar Kota Kendari, Kamis (14/4/2022).

Menurut Wali Kota, dua hal yang perlu dihindari tersebut dapat terjadi dengan disengaja ataupun tidak disengaja.

Yang pertama adalah ghibah atau gosip, tidak jarang dalam sebuah percakapan seseorang tanpa disengaja ataupun disengaja melakukan ghibah atau gosip.

Meskipun hanya untuk lelucon atau bercanda, membicarakan orang juga termasuk ghibah yang dapat mengurangi nilai ibadah puasa umat muslim yang melakukannya.

“Kita kadang tersandung dalam praktek ghibah menceritakan tentang kondisi orang lain, yang betul-betul terjadi pada orang lain,” kata Walikota Kendari.

Hal kedua yang harus dihindari selama puasa yaitu fitnah, menceritakan atau menuduh seseorang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

“Kita juga kadang terjebak dalam memfitnah mengatakan sesuatu yang tidak kita ketahui kebenarannya,” lanjutnya.

Melalui bulan Ramadhan ini, Sulkarnain berharap, lisan masyarakat kota Kendari dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif dan bermanfaat.

Wali Kota menyampaikan, mengkutip Hadist Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam (SAW), dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu,” (HR Bukhari).

Sebab, bulan suci ramadhan berikutnya belum tentu dapat kita jumpai.*

Your email address will not be published. Required fields are marked *