Wali Kota Tinjau Pemindahan Karamba di Kawasan Bungkutoko
Keterangan Gambar : Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain K, saat meninjau perkembangan kawasan Bungkutoko

Wali Kota Tinjau Pemindahan Karamba di Kawasan Bungkutoko

32 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, melakukan peninjauan pemindahan karamba di Kawasan Bungkutoko, Sabtu, (27/6/2020).

Ia mengatakan, program ini sebenarnya program dari balai, yakni penanganan kawasan kumuh. Jadi program ini skala kawasan.

Alhamdulillah kita lihat progresnya bisa dibilang 70 persen , karena program ini ditargetkan tiga bulan lagi selesai,” katanya.

Ia berharap, program ini betul-betul bisa bermanfaat buat masyarakat. Karena, sebelum program inikan keliatan masih sangat kumuh, bahkan saat dilakukan peletakan batu pertama sudah tidak kelihatan lagi kumuh atau sekarang sudah berubah.

Ini nanti integrasi antara penataan kawasan, kemudian kawasan ini juga kita ingin menjadikan sebagai destinasi wisata lokal, terus kita juga ingin integrasikan pemberdayaan masyarakat nelayan yang selama ini melakukan budidaya ikan dengan menggunakan karamba,” ucapnya.

Lanjutnya, kunjungan ini dilakukan, untuk memastikan lokasi, karena ada karamba yang harus dipidahkan. Sebelumnya masih ada tiga alternatif lokasi yang ditunjuk, tapi dengan kunjungan lapangan hari ini pihaknya memutuskan disisi Timur dari titian yang dibangun.

Itu dilakukan karena pertimbangan dari Fakultas Perikanan Universitas Halu Oleo (UHO), lokasi sebelumnya tidak memungkinkan untuk tumbuh kembangnya usaha karamba masyarakat. Sehingga kita pindahkan kesisi luar dari titian yang akan kita bangun,” jelasnya.

Lanjutnya, jadi masyarakat akan banyak alternatif nanti, yakni untuk ikan, kerang, dan joging track juga sangat potensial untuk dikembangkan.