Wali Kota Sampaikan Metode Penanganan Sampah di Hadapan Mahasiswa KKN UHO
Keterangan Gambar : Wali Kota Kendari foto Bersama Mahasiswa KKN UHO

Wali Kota Sampaikan Metode Penanganan Sampah di Hadapan Mahasiswa KKN UHO

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir  bertemu dengan Puluhan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO), dalam agenda bincang tohoh yang dilaksanakan di Rumah Jabatan (rujab) Wali Kota Kendari dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Selasa (24/08/2021).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyebutkan bahwa pengelolaan sampah di Kota Kendari perlu dilakukan peremajaan.

“Alhamdulillah di tahun ini kita mengadakan 10 truk sampah di tambah 100 gerobak sampah sebagai supporting sistemnya. Dalam hasil evaluasi dengan beberapa lembaga pendampingan, justru TPS inilah yang membuat suasana di tengah masyarakat tidak sehat,” Kata Wali Kota.

Disdukcapil Kendari Percepat Perekaman KTP-el dan Pencetakan KIA

Hal itu diakibatkan oleh ketidaktepatan waktu dalam membuang sampah rumah tangga pada jadwal TPS yang telah ditentukan dulunya Kota Kendari memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terbaik se Indonesia, namun kini hal itu butuh pengelolaan ke tingkat lanjut sebab jumlah penduduk bertambah 3,1 persen setiap tahunnya.

“Jadi total sampah di Kota Kendari ini 400 ton per hari, kebayang ya sampahnya,” imbuhnya.

Perpanjagan PPKM, Kasus Covid 19 di Kota Kendari Menurun

Wali Kota juga mengaku, telah bekerjasama sebagai salah satu daerah untuk pilot project penanganan sampah khususnya plastik di Indonesia. Sehingga pemkot akan merancang program di tahun depan untuk menangkap sampah yang berada di aliran sungai sehingga tidak masuk ke teluk Kendari. Untuk itu, pemerintah kota tengah bekerjasama sama dengan salah satu pihak dalam penanganan sampah yang dapat dimanfaatkan menjadi energi listrik.

About author