Wali Kota Kendari Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Bersama Presiden
Keterangan Gambar : Presiden RI, Joko Widodo saat melakukan koordinasi penanganan Covid 19, dengan beberapa kepala daerah

Wali Kota Kendari Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Bersama Presiden

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Bertempat di Media Center Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Rakor yang dilaksanakan secara virtual pada 19 Juli 2021 itu, Presiden Jokowi mengungkapkan beberapa hal, diantaranya terkait akhir Pandemi Covid-19 yang tidak dapat diprediksi seiring munculnya berbagai varian baru.

Menurut Jokowi, Pemerintah Kota harus mempersiapkan diri dan fokus pada masalah ini, bukan dari sisi penanganan Covid-19 nya saja, tapi juga dari sisi Ekonominya.

Kota butuh ketahanan nafas yang panjang. Untuk itu, saya minta Gubernur, Bupati/Wali Kota terus fokus pada masalah ini baik dalam penanganan Covid-19 maupun ekonomi saya minta mesin organisasi di jalankan sebaik-baiknya,” Kata Presiden RI Joko Widodo sebagaimana dikutip Radarsultra.co.id dari akun Facebook resmi pemerintah Kota Kendari, Selasa, 20 Juli 2021.

Sempat Terbakar, Aktivitas di Pasar Sentral Kota Kendari Kembali Normal

Presiden juga mewanti-wanti agar pemerintah tidak salah dalam mengambil kebijakan yang akan berdampak pada peningkatan kasus Covid-19. Untuk itu Presiden Jokowi meminta agar kepemimpinan lapangan diperkuat, mulai dari tingkat Provinsi hingga ke tingkat desa, tentunya juga dengan peranan para tokoh masyarakat dan agama.

Selain memperkuat kepemimpinan lapangan, Kata Presiden, salah satu kunci penanganan Covid-19 saat ini adalah dengan melakukan vaksinasi dan memperkuat Protokol Kesehatan (Prokes).

Untuk itu, Presiden Jokowi juga meminta agar penerapan Prokes di lapangan utamanya di pasar, mall yang telah disepakati oleh pelaku usaha agar terus ditingkatkan.

Ratusan Peket Sembako Disalurkam Tamalaki Sarano Sultra Untuk Korban Longsor di Konut

Tidak hanya itu, presiden juga menginstruksikan agar dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait deteksi dini Covid-19 dan menyiapkan lokasi isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 agar tidak terjadi penyebaran yang cepat serta percepatan bantuan sosial (UMKM, dana desa serta perlindungan sosial) yang sangat dinanti oleh masyarakat.

Untuk diketahui, Rakor ini juga diikuti oleh Wakil Walikota Kendari, Siska Karina Imran beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menkes Budi Gunadi, Kapolri, Kejagung, Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia.