Volume Sampah Kota Kendari Meningkat Setiap Tahun
Keterangan Gambar :

Volume Sampah Kota Kendari Meningkat Setiap Tahun

490 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Seiring pertumbuhan perumahan dan bertambahnya jumlah penduduk di Kota Kendari mengakibatkan volume sampah rumah tangga meningkat hingga mencapai 1000 meter kubik per hari.

“Untuk menghitung volume sampah dalam suatu wilayah yang dihitung jumlah penduduk, setiap jumlah penduduk menghasilkan 2,5 liter per hari. Ditambah lagi banyak urban di Kota Kendari,” ujar Kepala Dinas Kebersihan Kota Kendari Tin Farida, Sabtu (14/01/2017).

Menurut Tin, sampah setiap tahun meningkat seiring jumlah penduduk di Kota Kendari.

“Buktinya saja setiap tahun kita menambah mobil sampah, di awal memang terlayani. Tetapi seiring waktu perumahan-perumahan juga terus meningkat, nah dikatakanlah belum terlayani. Padahal kota ini terus tumbuh penduduknya dan berkembang, jadi volumenya terus meningkat setiap tahun,” katanya.

Saat ini Dinas Kebersihan Kota Kendari akan berupaya melakukan sosialisasi untuk beberapa kecamatan untuk jam pembuangan sampahnya lebih disiplin, rencananya ketika sudah defenitif semua, sudah ada kepala bidang, kepala seksi dan lainnya.

“Misalnya kita uji kecamatan Kadia, Mandonga, dan Kendari Barat, usahakan tiga kecamatan ini membuang sampah di jam yang telah di tentukan. Supaya kita tau bahwa mobil yang beroperasi di tiga kecamatan itu sudah mampu melayani semua sampah yang ada. Contohnya sudah mengangkut dua rek ternyata masih ada yang tersisa, berarti kita memang masih kekurangan,” jelasnya.

Tin Farida berharap semoga ada kesadaran masyarakat tersendiri untuk lebih disiplin membuang sampah. Sehingga adanya kerja sama yang baik antara masyarakat sendiri dan pihak pengelolah kebersihan. (C )

About author