Verifikasi Data Penerima Bantuan Sembako Pemda Butur Dipastikan Tepat Sasaran
Keterangan Gambar : Verifikasi data desa Wacu Laea, Kabag Humas Butur, Asrif Atmin bersama Kepala Desa Wacu Laea, Jeli Gunawan

Verifikasi Data Penerima Bantuan Sembako Pemda Butur Dipastikan Tepat Sasaran

155 views
0

Butur, Radarsultra.co.id  – Bantuan Sembako Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara segera disalurkan dalam waktu dekat ini, Data penerima bantuan dipastikan tepat sasaran.

Untuk memastikan penyaluran tepat sasaran, Pemda Butur  menugaskan OPD dari tingkat atas hingga tingkat Desa, Kelurahan untuk mengkroscek langsung di lapangan terkait kebenaran data-data Kepala Keluarga (KK) miskin yang ada di Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD).

“Saya sebagai koordinator untuk di Kecamatan Kulisusu ditugaskan untuk turun ke desa kelurahan sekecamatan Kulisusu untuk memverifikasi data data yang akan disiapkan Pemda untuk pemberian sembako Pemda,” kata Kabag Humas Pemda Butur, Asrif Atmin saat ditemui di Desa Wacu Laea, Senin, (11/05/2020).

“Untuk memverifikasi ini saya turun langsung ke desa kelurahan termasuk tadi di Wacu Laea, saya turun komunikasi dengan pak desa termasuk dengan kepala lingkungannya untuk memverifikasi betul tidaknya data-data yang sudah ada di dinas sosial seperti data DTKS, Non DTKS dan data dari BPMD,” lanjutnya.

Asrif menjelaskan, tugas pemerintah desa kelurahan adalah memastikan keberadaan KK yang namanya sudah ada di data penerima sembako apakah nama tersebut masih ada di desa atau kelurahan di maksud atau sudah pindah domisili ke daerah lain.

Nama KKnya harus diverifikasi apakah nama-nama tersebut masih ada di Wacu Laea atau di Kelurahan lain, jangan sampai sudah pindah kelurahan atau juga ada KK yang sudah meninggal, kemudian kalau masih ada data KK miskinnya supaya pak desa bisa memasukan, menambah data-data miskinnya, karena target pemerintah itu sasarannya semua KK miskin yang ada di desa kelurahan baik itu data DTKS maupun data Non DTKS,” jelasnya

Asrif mengungkapkan, sumber anggaran bantuan sembako yang akan disalurkan oleh Pemda berasal dari APBD. Bantuan Sembako Pemda ditargetkan kurang lebih 20 ribu KK.

Untuk diketahui, verifikasi data yang ditugaskan ke desa, kelurahan ditargetkan selesai pada Rabu, 13 Mei 2020 dan pembagian sembako ditargetkan selesai sebelum hari raya Idul Fitri.