Usut Desa Fiktif Konawe, Polda Sultra Periksa Pejabat Daerah Hingga Pusat
Keterangan Gambar : Kapolda Sultra Brigjend Pol. Merdisyam

Usut Desa Fiktif Konawe, Polda Sultra Periksa Pejabat Daerah Hingga Pusat

97 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini sudah memeriksa sebanyak 57 saksi terkait kasus Desa fiktif yang berada di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penanganan desa fiktif di Kabupaten Konawe melibatkan tim gabungan, baik dari tim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), Kementrian Desa Tertinggal RI, dan institus Polri itu sendiri dalam hal ini Polda Sultra.

Dari 57 saksi yang telah diperiksa, Kepala Kepolisian (Kapolda) Sultra, Brigjend Pol. Merdisyam.  Kapolda mengatakan diantara saksi tersebut terdapat ada beberapa pejabat daerah dan pejabat provinsi Sultra.

“57 saksi yang kami periksa itu didalamnya termasuk pejabat daerah , pejabat provinsi, dan tidak menutup kemungkinan juga akan  melibatkan pejabat tingkat nasional,” kata Brigjend Pol. Merdisyam saat ditemui di Mapolda Sultra, Senin, (11/11/2019).

Dalam prosesnya, pihak kepolisian juga melibatkan saksi ahli pidana dan hukum tata negara untuk mendalami bagaimana proses terbentuknya atau proses pengajuan Desa yang kini fiktif di Konawe dari aspek peraturan yang ada.

“Saat ini masih berlangsung. Dan tim gabungan juga sedang bekerja mendalami informasi yang ada. Jadi, sebagaimana yang sudah saya sampaikan terdahulu, bahwa saat ini, fokus untuk penanganan desa fiktif yang disampaikan ini, kita mengacu pada prosedur dan aturan yang ada,” ungkapnya.

“Kita sedang mendalami seluruh dokumen yang ada. Kita saat ini sedang melakukan penyelidikan secara menyeluruh baik terhadap proses, maupun nantinya akan mengarah pada penggunaan anggaran tersebut,” lanjutnya.