Update Covid-19 Butur, ODP Berkurang PDP dan Positif Nihil
Keterangan Gambar : Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 GTC-19 Butur, dr. Ali Badar

Update Covid-19 Butur, ODP Berkurang PDP dan Positif Nihil

128 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Update kasus wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), 12 April 2020 pukul 21.00 WITA menunjukan hasil yang menggembirakan, pasalnya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus berkurang, sementara Pasien Dalam Pemantauan (PDP), Orang Tanpa Gejala) dan terkonfirmasi positif hingga saat ini masih nihil.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 GTC-19 Butur, dr. Ali Badar mengatakan, hingga saat ini total jumlah kasus Covid-19 di Butur tercatat sebanyak 69 Kasus ODP, dengan jumlah ODP yang dinyatakan keluar (Sehat) sebanyak 63 Kasus.

Kasus Baru ODP 1 (satu) orang dari Puskesmas Lambale, Kasus Selesai Pemantauan 4 (empat) orang keluar kasus ODP, masing masing dari 2 org Puskesmas Kulisusu 2 (dua) orang dan Puskesmas Wakorumba Utara (Wakorut) 2 (dua) orang. Jadi Kondisi ODP kita di daerah Butur saat ini ada 6 (enam) orang. Angka yang menurun ini sangat menggembirakan,” kata dr. Ali Badar saat dikonfirmasi via WhatsApp, Minggu, (12/04/2020).

Meskipun demikian, secara pribadi dr. Ali mengaku khawatir dengan kondisi Buton Utara yang masih sangat minim Alat Pelindung Diri (APD) dan rapidtest, sementara alat-alat tersebut sangat dibutuhkan dalam penanganan dan mendeteksi keberadaan Covid-19 yang mungkin berada di tubuh masyarakat yang masuk ke daerah Butur dari daerah terjangkit Covid-19.

Perlu kita pahami bersama bahwa ada perbedaan antara tidak ada kasus dan tidak ketemu kasus. Saya khawatir banyak orang-orang masuk Butur dari daerah terjangkit tidak terdeteksi. Banyak faktor yg mempengaruhi, termaksud rapidtest kita yg masih kurang,” jelasnya.

Kendati demikian, ia memastikan Pemerintah Daerah (Pemda) Butur terus berusaha semaksimal mungkin mencegah masuknya wabah Covid-19 di Butur.

Pemda terus berusaha dalam upaya upaya deteksi dan respon cepat terkait covid 19, termaksud penambahan APD dan rapidtest yang masih dalam proses,” ungkapnya.