Update Covid-19 Butur, Kasus Baru Bertambah, Delapan Diantaranya OTG
Keterangan Gambar :

Update Covid-19 Butur, Kasus Baru Bertambah, Delapan Diantaranya OTG

94 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Update Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Buton Utara, 15 April 2020 pukul 21.30 WITA menunjukan adanya peningkatan kasus, dimana jumlah kasus Orang Dalam Pantauan (ODP) yang semula hanya ada 6 (eman) kasus kini meningkat menjadi 11 kasus, tidak hanya itu, kasus baru Orang Tanpa Gejala (OTG) juga telah ada di Butur sebanyak 8 (delapan) kasus.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTC-19) Butur, dr. Ali Badar mengatakan, data sebaran kasus Covid-19 tersebut diperoleh dari wilayah kerja 5 (lima) puskesmas di Butur yakni Puskesmas Kulisusu 5 (lima) ODP dan 4 (empat) OTG, Puskesmas Lambale 3 (tiga) ODP dan 1 (satu) OTG, Puskesmas Kioko 2 (dua) ODP, Puskesmas Kambowa 1 (satu) ODP, dan Puskesmas Bonegunu 3 (tiga) OTG dengan jumlah total kasus saat ini sebanyak total 74 kasus ODP dan total keluar(sehat) 63 kasus ODP.

“OTG saat ini sedang menjalani karantina rumah dengan pemantauan petugas,” kata dr. Ali Badar saat dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu, (15/04/2020).

dr. Ali menjelaskan, penentuan OTG dilakukan berdasarkan hasil konfirmasi bahwa delapan orang tersebut merupakan penumpang kapal KM. Lambelu yang saat itu juga memuat penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Penentuan OTG ketika kami sudah di konfirmasi bahwa di kapal tersebut (KM. Lambelu) banyak yang positif (Covid-19) termaksud ABK kapal yang di isolasi. Maka semua penumpang berstatus OTG karena sudah ada kontak erat (jarak 1 meter). Sebelumnya mereka berstatus “pelaku perjalanan”,” jelasnya.

Menindak lanjuti kasus ini, GTC-19 Butur akan melakukan rapid tes terhadap kedelapan OTG tersebut.

Karena OTG, mereka kita akan lakukan pemeriksaan rapid tes besok atau lusa,” ungkapnya.