Tujuh Tahun Digerogoti Tumor Ganas, Wanita Asal Buton Utara ini Butuh Uluran Tangan
Keterangan Gambar : Ernis (32)  wanita asal Buton Utara yang berjuang melawan penyakit diduga tumor ganas yang tumbuh di perutnya.

Tujuh Tahun Digerogoti Tumor Ganas, Wanita Asal Buton Utara ini Butuh Uluran Tangan

942 views
1

Butur, Radarsultra.co.id – Selama 7 (tujuh) tahun, Ernis (32)  berjuang melawan penyakit diduga tumor ganas yang tumbuh di perutnya. Berjuang seorang diri dengan keterbatasan membuatnya tidak mampu berbuat banyak, bahkan keluarganya pun tidak mampu membawanya ke rumah sakit untuk berobat karena alasan keterbatasan ekonomi.

Karena tidak pernah diobati, kini perut wanita asal Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu terus membesar hingga membuatnya tidak mampu berjalan, bahkan hanya untuk sekedar berdiri.

Penyakit yang menggerogoti perutnya semakin menjadi-jadi yang juga berdampak pada kestabilan mentalnya. Kini Ernis hidup seorang diri di dalam gubuk kecil tanpa keluarga. Beruntung masih ada tetangga yang berbaik hati mau melihat dan memberi makan Ernis.

Ditemui di tempat tinggal Ernis, Tauti (50) tetangga yang juga kerabat Ernis mengatakan, sejak 4 (empat) bulan terakhir, penyakit Ernis semakin parah dan perutnya terus membuncit tiap harinya.

Dia sudah sakit kurang lebih tujuh tahunan, tapi parahnya sekitar empat bulan terakhir ini sudah tidak bisa jalan. Dari lepas idul adha dia sudah berada menetap di rumah ini,” ujarnya Kamis (12/12/2019).

Saat masih bisa berjalan, aktivitas Ernis yang juga mengalami gangguan mental ini hanya berjalan kaki di sekitaran Kecamatan Kulisusu. Dengan pakaian lusuh, perut buncit dan fisik yang tidak terawat, Ernis kerap menjadi tontonan warga.

Sampai sekarang belum ada pengobatan khusus dari pihak terkait. Saat ini membutuhkan uluran tangan untuk mengobatinya,” ungkapnya.