Tingkatkan Produktivitas UKM di Butur , Pemda Latih Pelaku UKM
Keterangan Gambar :

Tingkatkan Produktivitas UKM di Butur , Pemda Latih Pelaku UKM

41 views
0

Buranga, Radarsutra.co.id – Meningkatkan produktivitas Usaha Kecil Menengah (UKM), Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), menggandeng Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Sultra, untuk melakukan pelatihan berwirausaha.

Selain itu, pelatihan wirausaha produktif dimotori juga Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan ibu Penggerak Pembina Kesejahteraan (PKK).

Bupati Butur, Abu Hasan mengatakan, dalam memajukan perekonomian di Butur, lebih mengedepankan perekonomian rakyat ketimbang sektor pertambangan. Usaha usaha pertanian yang terintegrasi dengan perikanan, peternakan, termasuk usaha mikro kecil dan menengah harus terus dikembangkan.

“Pemda siap memberikan dana talangan untuk mendukung program UKM dalam bentuk koperasi. Bukan hanya Pemda yang memberikan perhatian serius atas program wirausaha, tapi pemerintah pusat juga sangat mendukung program pemda untuk membentuk berbagai kegiatan wirausaha untuk menekan angka pengangguranm,” katanya.

Abu Hasan juga menyebutkan, peluang usaha di Butur cukup banyak, salah satunya hasil pertanian yang melimpah. Menurutnya, pelaku usaha harus kreatif untuk mengemas hasil pertanian, agar menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi.

“Generasi penerus bangsa jangan malu menjadi petani. Kebanyakan mereka menganggap petani merupakan pekerjaan kotor selalu bersentuhan dengan tanah. Itu semua dapat ditaktisi dengan teknologi modern saat ini,” jelasnya.

Pria berkacamata ini berharap, pelatihan wirausaha dapat menekan tingginya angka pengangguran sehingga kemiskinan di Butur akan berkurang. (*)

About author