Tingkatkan Kualitas Sensus Ekonomi, BPS Sultra Gelar Ratekda
Keterangan Gambar : Foto bersama pegawai BPS Sultra dan Perwakilan dari BPS RI

Tingkatkan Kualitas Sensus Ekonomi, BPS Sultra Gelar Ratekda

56 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Teknis Daerah (Ratekda) di Swiss Bell Hotel Kendari yang dihadiri oleh perwakilan BPS diseluruh kabupaten kota se Sultra, Kamis, (13/4).

Salah satu tujuan diadakannya Ratekda tersebut adalah dalam rangka memantapkan kualitas data dari Sensus Ekonomi (SE) 2016 yang dilakukan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Deputi Bidang Statistik Retribusi dan Jasa BPS RI, Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, selain memastikan kualitas dari data SE yang telah dikumpulkan agar lebih baik, Ratekda tersebut juga untuk mendorong teman-teman BPS Sultra agar semakin meningkatkan budaya kerja yang lebih baik lagi.

“Kita ingin memberikan pelayan, mulai dari data yang berkualitas dan dapat menggambarkan situasi sebenarnya, sampai dengan sumber daya manusia (SDM) statistik yang makin dapat diandalkan” ujarnya saat ditemui dikegiatan ratekda di Swiss Bell Hotel Kendari, Kamis, (13/4).

Sasmito juga melihat hal menarik tentang peluang dalam hal bagaimana agar BPS Sultra dapat menyusun indeks yang mampu semaju Jakarta Selatan yang merupakan daerah termaju di Indonesia.

“Jadi bagaimana nanti BPS Sultra dapat membuat rancangan seperti itu, indikatornya apa saja, hal apa yang dibutuhkan, saya rasa itu sangat penting juga” tambahnya.

Selain itu melalui ratekda ini, BPS Sultra juga diharapkan dapat mengatasi segala intervensi atau gangguan ekonomi baik itu karena bencana atau hal-hal lain yang dapat mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia sehingga dapat tetap bertahan ditengah kendala apapun.(C)