Tingkatkan Kemampuan Personil, SAR Kendari Latihan Gabungan
Keterangan Gambar :

Tingkatkan Kemampuan Personil, SAR Kendari Latihan Gabungan

115 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kantor SAR Kendari lakukan latihan gabungan bersama lima Kantor SAR yakni Kantor SAR Menado, Palu, Gorontalo, Ternate dan Makassar.

Humas SAR Kendari, Wahyudi mengatakan, latihan gabungan tersebut digelar mulai 13 April lalu disekitar Laut Maluku dan akan melibatkan KN Pacitan milik SAR Kendari dengan 19 kru dan 12 orang dari Kantor SAR Kendari.

“Kantor SAR Kendari  memberangkatkan KN SAR Pacitan dengan 19  kru beserta 12 orang dari kantor dan direncanakan pada 16 April KN SAR Pacitan akan bertolak sesuai skenario latihan menuju lokasi yg telah ditentukan,” kata Wahyudi, Minggu (16/04/17).

Wahyudi juga mengatakan bahwa latihan gabungan yang digelar tersebut bertujuan untuk melatih koordinasi, pengerahan dan pengendalian dalam operasi SAR yg terjadi di Laut Maluku dan Sulawesi.

“Selain itu juga melatih uji fungsi alat utama Basarnas dan Kantor SAR dalam merespon suatu kejadian, melatih uji fungsi peralatan komunikasi dan aplikasi IT di Command Centre dalam pengerahan dan pengendalian operasi SAR, dan melatih personil yang mengawaki alat utama, peralatan SAR dan Rescuer dalam melakukan pencarian dan pertolongan,” katanya.

Dalam latihan SAR gabungan tersebut kata Wahyudi para peserta akan dihadapkan dengan kondisi cuaca yang kurang bagus di tengah lautan dengan simulasi yang sama pada saat melakukan Operasi SAR yang sebenarnya.

“Latihannya di tengah laut dengan kondisi cuaca kurang bagus, ombak tinggi dan keadaan disana seperti kejadian yang sebenarnya di lapangan,” ungkap Wahyudi.

Dikatakan ada beberapa agenda dalam pelaksanaan latihan ini yaitu latihan manuevre yang dilaksanakan pada 13-17 April 2017, kemudian latihan simulasi atau demo yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 20 April 2017 di rangkaikan peresmian Pos SAR Luwuk oleh Kepala Badan SAR Nasional.

Sasaran latihan SAR gabungan ini dilakukan untuk tercapainya koordinasi dan kerjasama antara Kantor SAR yang wilayah kerjanya di laut Maluku dan Sulawesi dan tercapainya peningkatan kemampuan manejerial dan teknis personil Basarnas yg terlibat dalam pelaksanaan operasi SAR kecelakaan pelayaran.

Untuk diketahui dalam latihan gabungan tersebut, tim SAR menggunakan peralatan lengkap seperti satu buah helikopter, lima buah kapal dan satu buah RIB. (C)