Tiga Tersangka Kasus Korupsi Pengalihan Aset Tanah UHO Resmi Ditahan Kejati Sultra

Tiga Tersangka Kasus Korupsi Pengalihan Aset Tanah UHO Resmi Ditahan Kejati Sultra

44 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Tiga orang yang menjadi tersangka atas kasus dugaan pengalihan tanah aset milik Universitas Halu Oleo (UHO) Kota Kendari resmi ditahan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra.

Ketgam: Konfrensi pers Kejati Sultra terkait kasus aset tanah UHO

Ketiga tersangka tersebut yaitu AZ tenaga honorer di UHO, SLM mantan lurah Toronipa dan MLW Kepala SMP Negeri 9 Kendari.

Kepala Seksi (Kasi) Penyidikan Kejati Sultra, Sugiatno Migano mengatakan, masing-masing tersangka telah diperiksa oleh tim penyidik dengan surat perintah penyidikan khusus masing-masing atas nama tersangka. kemudian mengenai jumlah pertanyaannya kurang lebih 30 sampai 40 pertanyaan.

Ini masih awal, karena kita akan mengelaborasi hasil pemeriksaan saksi yang sejumlah 30 orang itu, dan kemungkinan besar akan ada saksi tambahan untuk memperdalam lagi, kemudian dari hasil pendalaman tersebut, kita mungkin akan melakukan pemeriksaan tersangka lagi untuk pendalamannya,” ujarnya saat ditemui di Kejati Sultra, Jumat, (28/01/2022).

Ditempat yang sama, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sultra Setyawan Nur Chaliq, menjelaskan terkait tersangka lain, pihaknya masih fokus dengan perkara ketiga orang tersebut sebab memang ketiga orang ini yang berperanan besar dalam pengalihan aset dan bangunan. Sehingga dapat dialihkan ke orang lain.

Sedangkan untuk penyelesaian berkas perkaranya sudah sekitar 70 persen. Kemudian, pada pekan depan akan dilakukan ekspos di BPKP untuk perhitungan kerugian keuangan negara,” ungkapnya.

Untuk diketahui, luas tanah dari kasus tersebut dari 4.896 meter persegi ada 1.500 meter persegi terkena pembangunan jalan poros Kendari-Toronipa Konawe dan diganti rugi senilai Rp127 juta, sedangkan sisa tanah 3.300 meter persegi dibeli tersangka MLW senilai Rp100 juta.

Your email address will not be published. Required fields are marked *