Tahun Ini, Pemda Wakatobi akan Bangun TPI
Keterangan Gambar :

Tahun Ini, Pemda Wakatobi akan Bangun TPI

70 views
0

Wakatobi, Radarsultra.co.id – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) akan membangun tempat penampungan ikan (TPI). Karena TPI menjadi salah satu pembahasan penting dalam master plan DKP Wakatobi .

Hal ini dimungkinkan selain mendorong pendapatan sektor pendapatan asli daerah (PAD), dan menekan lajunya pihak investor melakukan transaksi ikan secara besar-besaran.

‘’Sesuai data dari DKP setempat, setiap tahun sekitar 18.000 Ton ikan dibawah langsung oleh investor dengan melakukan transaksi dilaut. Hal ini tentunya bisa merugikan daerah,’’ ujar Kepala DKP Kabupaten Wakatobi, Jalaluddin, di ruang kerjanya, Selasa (14/2).

Tanpa TPI katanya, maka kewenangan daerah untuk memungut pajak sangat terbatas. Sehingga secara jelas daerah tidak mampu menggejot pertumbuhan PAD pada sektor tersebut. Sementara TPI hanya ada satu di Tomia melalui pelabuhan perikanan. Maka TPI menjadi penting berdiri dan berjalan. Selain itu memungkinkan pihak investor yang disebutnya sebagai transit man melakukan transaksi bebas kepada nelayan secara langsung.

“Dari tiga pelabuhan perikanan yang ada baru ada satu TPI, agar ada titik fokus, maka harus ada konsep yang dianggap ideal. Agar tidak ada transit man seperti yang diungkapkan Menteri Kelautan, Ibu Puji Astuti, ” ujar Jalal sapaan akrab Jalaluddin.

Dalam hitungan pada master plan, katanya Desa Numana itu sebagai fokus pengembangan fase satu perikanan terpadu. Disitu ada TPI , coolstorika, BBM dan listrik dan koperasi ada disitu.

‘’Paling tidak ketika terfokus pada satu tempat maka pengembangan perikanan terpadu itu akan tumbuh satu persatu,’’ katanya.
Hanya saja konsep itu juga tidak mengabaikan kedua pelabuhan perikanan yang ada. Ketiga pelabuhan ini akan dikembangkan tiap tahun.

“Numana itu pada musim Timur dan Barat aman, tidak terlalu jauh dengan aliran listrik sehingga fokusnya di Pelabuhan Perikanan Desa Numana untuk kita kembangkan lebih dulu,’’ papar mantan Kepala Penghubung Wakatobi ini.

Langkah ini dilakukan katanya lagi agar target PAD bisa meningkatkan tiap tahun dimana tahun 2016 target hanya 10 jutaan dan yang dicapai hanya 13 Juta saja maka untuk tahun 2017  target 20 juta. (C)

About author