Tahun 2016, Orang Miskin di Wakatobi Capai 8.450 KK
Keterangan Gambar :

Tahun 2016, Orang Miskin di Wakatobi Capai 8.450 KK

182 views
0

Wakatobi-Radarsultra.Co.Id :Warga miskian di Kabupaten Wakatobi berdasarkan data selama tahun 2016 terus meningkat . Dimana berdasarkan data Dinas Sosial Wakatobi warga miskin mencapai 8.450 kepala keluarga (KK).

Demikian dikatakan Plt Kepala Dinas Sosial Wakatobi, Aslaman Sadik, diruang kerjanya, Senin(23/1/2017). Mantan Kepala Samsat Wakatobi ini melansir hasil pendataan yang di lakukan oleh program keluarga harapan (PKH) serta data terupdate Badan Pusat Jaminan Sosial (BPJS) yang terdaftar mendapatkan kartu BPJS kesehatan

.”Kalau hasil PKH itu sebanyak 3.450 KK dan data BPJS kesehatan sebesar 5.000,’’ katanya.

Angka ini kata dia, cukup signifikan jika dinilai dari jumlah rata-rata penduduk sehingga Pemerintah Daerah(Pemda) melalui Dinas Sosial tahun ini akan mencanangkan program kerja guna mengatasi angka kemiskinan yang kian hari terus bertambah dengan berbagai langkah konkret

“Tahun 2017 ini, untuk mengurangi angka kemiskinan kami telah mencanangkan beberapa program kerja di antaranya mendanai kelompok usaha bersama (Kube) serta mendanai pula usaha keluarga veteran yang bersumber murni dari APBD dengan tujuan masyarakat bisa lebih mandiri lewat bantuan usaha ,” paparnya.

Kendati demikian, mantan Calon Bupati Wakatobi ini juga menyebut, upaya pemerintah daerah secara perorangan bakal disalurkan bantuan melalui kartu Wakatobi Bersinar.

‘’Dimana salah satu tujuannya untuk mensukseskan visi misi Bupati Wakatobi yang baru dalam rangka merealisasikan janji kampanye nya beberapa bulan lalu. Kita belum tahu kapan ketiga program ini bakal disalurkan langsung kepada warga miskin,’’ katanya.

Namun katanya modal usaha untuk keluarga veteran dan modal usaha kelompok usaha Kube serta merealisasikan kartu Wakatobi Bersinar. Telah disiapkan mulai kisaran 100 juta, 150 dan 200 jutaan

Sebagai Kabupaten maritim berdaya saing sesuai visi misinya tentu kata dia, Wakatobi harus terbebas dari angka kemiskinan maka perlu kreativitas semua elemen agar terbebas dari angka yang begitu tinggi jumlahnya.

“Saya berharap dengan adanya kami disini bisa menuntaskan masalah kemiskinan paling tidak mengurangi, sehingga masyarakat bisa sejahtera sesuai visi misi Bupati Wakatobi,’’ katanya. (C )

About author