Soal Covid-19, Bupati Butur Sampaikan Hal Ini ke Gubernur
Keterangan Gambar : Bupati Buton Utara, Abu Hasan saat membahas kesiapan masing-masing daerah dalam menghadapi Wabah Covid-19 atau Virus Corona pada Jumat, (03/04/2020) melalui Video Conference (Vicon)

Soal Covid-19, Bupati Butur Sampaikan Hal Ini ke Gubernur

481 views
2

Butur, Radarsultra.co.id – Rapat koordinasi Bupati dan Walikota se-Sulawesi Tenggara (Sultra) bersa Gubernur Sultra, Ali Mazi melalui Video Conference (Vicon) membahas kesiapan masing-masing daerah dalam menghadapi Wabah Covid-19 atau Virus Corona pada Jumat, (03/04/2020) dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan untuk menyampaikan kesiapan dan keluhan yang dihadapi gugus tugas Covid-19 di Butur.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan saat membahas kesiapan masing-masing daerah dalam menghadapi Wabah Covid-19 atau Virus Corona pada Jumat, (03/04/2020) melalui Video Conference (Vicon)

Kepada Gubernur, Abu Hasan menyampaikan ditengah keterbatasannya, gugus tugas Covid-19 Butur sudah melakukan upaya-upaya pencegahan berupa edukasi dan mitigasi ke masyarakat.

Sesuai arahan Mendagri dan Gubernur, awal Maret kita sudah membentuk gugus tugas penanganan Covid-19 dan dan semua pihak kita libatkan sudah bergerak dan hari ini Buton Utara sudah memiliki skenario pencegahan dan skenario penanganan,” kata Abu Hasan saat melakukan Vicon bersama Gubernur Sultra di Rumah Jabatannya, Jumat (03/04/2020).

Abu Hasan mengatakan, Sosialisasi dan Edukasi terkait pencegahan Covid-19 telah dilakukan mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa, Kelurahan bahkan sampai tingkat RT/RW.

Selanjutnya mitigasi ini dalam bentuk pengetesan suhu badan, kemudian penyemprotan kita lakukan walaupun dalam keadaan terbatas karena alat-alat dan bahan-bahan yang kita miliki sangat terbatas, tapi semua kita maksimalkan dalam upaya kita untuk melakukan pencegahan,” ungkapnya.

Terkait anggaran penanganan Covid-19, Abu Hasan mengatakan telah menyediakan anggaran berjaga-jaga dan anggaran bencana. Pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran ke Desa-desa agar mempersiapkan anggaran sebesar 5 (lima) hingga 30 (tiga puluh) juta rupiah untuk keperluan edukasi dan mitigasi di desa.

Abu Hasan mengakui pihaknya tidak mau terburu-buru merevisi APBD terkait penanganan Covid-19 sebelum mendapatkan petunjuk dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ataupun Kementerian Keuangan.

Sampai hari ini kita masih menggunakan anggaran berjaga-jaga dan anggaran bencana sehingga kita belum merevisi anggaran APBD sambil kita menunggu petunjuk-petunjuk teknis dari Kemendagri maupun dari Kementrian Keuangan apakah itu bisa kita menggunakan anggaran DAK atau menggunakan anggaran dana KPU, kita menunggu petunjuk teknis karena kita tidak ingin melakukan pelanggaran terkait dengan penggunaan anggaran,” jelasnya.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan saat membahas kesiapan masing-masing daerah dalam menghadapi Wabah Covid-19 atau Virus Corona pada Jumat, (03/04/2020) melalui Video Conference (Vicon)

Terkait ketahanan pangan selama masa transisi Covid-19, Abu Hasan mengatakan Buton Utara dalam keadaan aman, ketersediaan pangan lokal seperti beras organik dan non organik, pangan non beras masih bisa bertahan hingga 3 (tiga) bulan kedepan. Meskipun demikian, hasil penelusuran di masyarakat pihaknya mengatakan Buton Utara kekurangan minyak dan gula untuk keperluan selama bulan puasa.

Ketersediaan pangan lokal Buton Utara InshaAllah tiga bulan kedepan pangannya aman karena salah satu program unggulan daerah Butur adalah sektor pertanian baik itu pertanian pangan beras maupun non beras,” katanya.

Yang kurang adalah gula dan minyak, jadi kita minta bantuan dari bapak Gubernur supaya stok dari Bulog Provinsi gula dan minyak untuk persediaan selama bulan puasa untuk masuk ke kabupaten Butur,” lanjutnya.

Terkait kebutuhan tim Medis, Abu Hasan mengeluhkan susahnya mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD), Masker, dan alat Rapid Test.

Masalah yang dihadapi adalah alat pelindung diri karena kita stok sudah berkali-kali, kita sudah kirim uang tapi alatnya belum juga datang sampai hari ini,” keluhnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sultra, Ali Mazi menginstruksikan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Butur untuk segera menyampaikan segala kekurangan pangan dan peralatan yang dibutuhkan gugus tugas Covid-19 Butur dalam menghadapi Wabah Covid-19.

Alhamdulillah di Butur persiapan aman. Kebutuhan yang dibutuhkan oleh Buton Utara segera disampaikan, InshaAllah bisa kita bantu melalui percepatan,” tanggap Ali Mazi.