Siklus Tahunan Angin Timur Pengaruhi Harga Ikan di Kota Kendari
Keterangan Gambar :

Siklus Tahunan Angin Timur Pengaruhi Harga Ikan di Kota Kendari

28 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Siklus tahunan angin timur/timuran serta gelombang tinggi yang terjadi dibulan Juni, Juli, hingga Agustus 2019 ini berpengaruh bagi usaha sektor kelautan di Kota Kendari.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Dinas Dan Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari, Rahman Napira mengatakan, siklus angin timur yang menyebabkan kondisi cuaca kurang bersahabat seperti gelombang tinggi dan angin kencang membuat para nelayan enggan melaut karena resiko yang tinggi.

“Akhirnya hal ini mempengaruhi hasil tangkapan nelayan yang pada akhirnya turut mempengaruh harga ikan hingga makin mahal” jelasnya, Senin, (01/07/2019).

Rahman juga menjelaskan, walaupun hasil tangkapan ikan para nelayan tersebut berkurang, pemenuhan konsumsi ikan untuk masyarakat lokal masih cukup dan tidak mengalami kendala sebab ikan-ikan yang didapat pada musim puncak penangkapan sebelumnya dan tidak habis dipasaran disimpan di beberapa tempat penyimpanan khusus di Kota Kendari.

“Jadi saat kondisi stok ikan berkurang karena musim tahunan ini, ikan-ikan yang sudah disimpan tersebut dilepas lagi kepasaran sehingga masalah stok ikan yang kurang bisa teratasi” ujarnya.

Meskipun kondisi stok ikan untuk masyarakat lokal dapat terpenuhi, Rahman mengakui pengaruh dari musim timur ini tetap mempengaruhi kenaikan harga ikan karena turunnya hasil tangkapan para nelayan pada musim timur.

“Jadi memang ada kenaikan harga ikan karena dipengaruhi kondisi-kondisi tersebut” ungkapnya.