Sidak OPD, Bupati Butur Tidak Segan Memberi Sanksi
Keterangan Gambar : Bupati Buton Utara Ridwan Zakaria saat melakukan sidak ke beberapa OPD Lingkup pemkab Butur

Sidak OPD, Bupati Butur Tidak Segan Memberi Sanksi

0

Butur, Radarsultra.co.id – Bupati Buton Utara (Butur), Drs. H. Ridwan Zakariah melaksanakan Inspeksi Dadakan (Sidak) di beberapa Kantor di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Butur, Selasa, (16/03/2021).

Ketgam : Bupati Buton Utara Ridwan Zakaria, saat melakukan sidak ke beberapa OPD di Buton Utara

Tiga kantor yang menjadi sasaran Sidak pertama yaitu Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Kantor Dinas Perumahan dan Permukiman.

Sidak tersebut dilakukan untuk memastikan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya terkait kehadiran dan apabila ditemukan ASN yang bolos atau tidak hadir akan diberi peringatan dan dikenakan sanksi sesuai tingkat pelanggarannya.

Yang alpa (tidak hadir/bolos) siap-siap menerima konsekuensi. Pertama kita kasi peringatan, kedua dan ketiga kalinya kita kasih sanksi, apakah sanksi ringan atau berat tergantung kesalahannya,” kata Ridwan di Buton Utara.

Lanjut, Ridwan mengatakan, selama masa jabatannya, Sidak OPD akan terus dilakukan dengan jadwal dan lokasi yang tidak ditentukan, hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh ASN selalu disiplin dan berada ditempat ketika diSidak nanti.

Itu salah satu upaya (untuk meningkatkan kedisiplinan), tapi ini semacam peringatan bahwa setiap sore Bupati dan Wakil Bupati akan memonitor semua,” lanjutnya.

Terkait kedisiplinan, Ridwan mengingatkan seluruh ASN untuk menjadi abdi negara dan pelayan masyarakat yang tulus dan ikhlas dalam bekerja.

“Kita di gaji negara tapi itu uang rakyat, kita harus sadar bahwa kita adalah pelayan. Saya kira itu kuncinya kalau kita sadar dan ikhlas melayani. Semua OPD harus kreatif bisa membantu Bupati berpikir dan bekerja tidak semata-mata karena jabatan status sosialnya naik, tapi Jabatan itu amanah,” ungkapnya.