Sidak Lapas dan Rutan Serentak, Kemenkumham Sultra Temukan Berbagai Benda Terlarang
Keterangan Gambar : Konfrensi pers Kemenkumham Sultra bersama tim gabungan terkait hasil sidak dan razia

Sidak Lapas dan Rutan Serentak, Kemenkumham Sultra Temukan Berbagai Benda Terlarang

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menemukan berbagai macam benda terlarang termasuk senjata tajam (Sajam) saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) atau razia di seluruh lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) di wilayah Kendari.

Ketgam: Hasil temuan Sidak Kemenkumham Sultra bersama tim gabungan.

Dalam sidak tersebut ada beberapa barang terlarang yang ditemukan seperti paku, korek api, cermin, paku, kabel, pisau cutter, pisau rakitan, sudip dan berbagai barang lainnya yang dilarang berada di area tahanan sebab bisa berpotensi bahaya dan bisa dijadikan senjata, sedangkan sasaran utama razia seperti handphone (Hp) dan narkoba tidak ditemukan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham) Sultra, Muslim mengatakan, sidak yang dilakukan bersama aparat penegak hukum lainnya ini dilaksanakan serentak pada Kamis, (08/04/2021) sebagai rangkaian dari Hari Bakti Pemasyarakatan Nasional ke 57 yang jatuh setiap 27 April.

“Razia ini dilaksanakan sesuai instruksi dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan yang memiliki target menyita barang-barang yang dilarang untuk dibawa masuk oleh narapidana ke dalam lapas maupun rutan”, katanya dalam konfrensi pers di Kantor Kemenkumham Sultra.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Kendari, Abdul Samad mengatakan, semua barang terlarang yang ditemukan saat razia tersebut langsung diamankan dan kemudian akan segera dimusnahkan.

“Ini membuktikan pihak lapas mengadakan penggeledahan lebih teransparan. Tadi yang ditemukan ada obeng, paku, korek bahkan ada stop kontak yang mereka rakit sendiri,” ujar Abdul Samad.

Untuk diketahui, sidak atau razia serentak dilaksanakan di Lapas Kelas IIA Kendari, Rutan Kendari Kelas II Kendari, Lapas Perempuan Kelas III Kendari serta Lapas Khusus Anak (LPKA) Kelas IIA Kendari.