SIAK Diputus, Pelayananan Perekaman Dokumen Kependudukan Terhambat 
Keterangan Gambar :

SIAK Diputus, Pelayananan Perekaman Dokumen Kependudukan Terhambat 

91 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Sejak diputusnya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) oleh Mendagri tertanggal 29 Januari 2019, perekaman dokumen kependudukan bagi warga Kendari yang tadinya dapat dilayani setiap hari, kini terhambat. Termaksud pelayanan perekaman surat keterangan (Suket) pemilih tidak bisa dilayani.

Persoalan ini menurut Pelaksana tugas Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (DisdukCapil) Kendari La Halili, mengatakan akan menghambat kinerja pihaknya dalam melakukan proses perekaman dokumen kependudukan.

“Dengan Diputusnya sistem SIAK ini, perekaman dokumen kependudukan tidak bisa dilakukan, seperti akte kelahiran, surat kepindahan, pembuatan E-KTP, dan pelayanan kependudukan yang lain termasuk perekaman Surat Keterangan (Suket) pemilih, ”jelas La Halili,  Senin (13/2).

Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak Disdukcapil saat ini melalui mediasi ke pihak Kepolisian Daerah, dan telah berkonsultasi  kepada pihak Kemendagri untuk mengaktivasi kembali layanan SIAK ini.

“Banyak masyarakat yang menanyakan hak-haknya untuk menerima pelayanan,dan kami sudah konsultasi langsung di Kemendagri khususnya di bidang Kependudukan dan Capil, namun sampai saat ini kami masih menunggu hasilnya,” ujarnya.

Halili juga berharap agar secepatnya persoalan ini bisa diatasi, mengingat segala aktifitas perekaman kependudukan harus terus dilakukan untuk memenuhi kepentingan masyarakat.

“Kami masih menunggu, semoga secepatnya masalah ini bisa selesai, mengingat urgensi perekaman kependudukan ini penting sebagai acuan kami dalam pendataan kependudukan, masyarakat dan juga bisa secepatnya terpenuhi haknya dalam pelayanan public yang kami lakukan,”  paparnya. ( C )

About author

Alifiandra Lala

Reporters. Graduated from faculty of science admnstrasi, Haluoleo University, Southeast Sulawesi. Stay on city of Kendari, Southeast Sulawesi. Street in Supu Yusuf 2. I love traveling, writing, poetry and singing. I am very pleased to have the opportunity to work in radarsultra.co.id. Thank you for the trust and the opportunity that has been given.