Sholat Idul Fitri di Butur, Simak Syarat dan Ketentuannya
Keterangan Gambar : Bupati Buton Utara, Abu Hasan

Sholat Idul Fitri di Butur, Simak Syarat dan Ketentuannya

520 views
1

Butur, Radarsultra.co.id – Guna mencegah dan meminimalisir resiko penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Buton Utara dalam menghadapi Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H tahun 2020, Bupati Buton Utara, Abu Hasan mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan sholat IdulFitri ditengah Pandemi Covid-19.

Ketgam : Bupati Buton Utara, Abu Hasan, bersama jubir GTC – 19 Butur, dr, Ali Badar

Dalam surat edaran bupati nomor 411/349, Bupati Butur,menyampaikan bahwa Shalat Idul Fitri kali ini tidak dilaksanakan di lapangan.

Shalat led dilaksanakan di rumah masing-masing secara berjamaah ataupun sendiri-senairi sesuai tuntunan pelaksanaan Sholat Idul Fitri di rumah yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI),” kata Bupati Abu Hasan dalam surat edarannya, Jumat, (22/05/2020).

Dalam surat edaran tersebut juga tertulis bahwa Masjid yang masih menyelenggarakan Shalat led. Pengurus/Pengelola Takmir Masjid melakukan pengawasan maka hendaknya dan memperhatikan prinsip-prinsip dalam protokol kesehatan seperti menyediakan ketat sabun cuci tangen/ hand sanitizer, masing-masing jamaah menjaga jarak saatshalat, tidak saing berjabat tangan, membawa sajadah sendiri dan menggunakan masker.

Dituliskan juga bahwa Pelaksanaan shalat led di Masjid di bawah pemantauan Aparat Keamanan dan Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Menindaklanjuti surat edaran tersebut, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Butur, dr. Ali Badar mengatakan telah menginstruksikan relawan tenaga medis untuk untuk berada di masjid-masjid yang akan melaksanakan sholat IdulFitri.

Tadi saya dapat arahan bapak bupati agar masjid tempat di adakan shalat Ied di tempatkan tenaga kesehatan untuk screening dan edukasi social atau physical distancing. Kapus Kulisusu dan kapus Bonerombo InshaAllah sudah arahkan anggotanya untuk screening jama’ah sholat ‘Ied,” kata dr. Ali Badar kepada radatsultra.co.id

“Relawan medis media center saya sudah arahkan juga untuk bantu screening di masjid At-Taufiq dan masjid At-Taqwa. Beberapa kapus di luar wilayah Kulisusu InshaAllah akan melakukan upaya pencegahan yang sama,” lanjutnya.

About author