Sesulit Bagaimanapun , Data Harus disajikan
Keterangan Gambar :

Sesulit Bagaimanapun , Data Harus disajikan

67 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Hari Statistik Nasional (HSN) diperingati setiap 26 September. Dalam momentum ini Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari senantiasa menyajikan data-data statistik yang berkualitas.

Kepala BPS Kota Kendari, Wa Ode Sri Marjanawati

Hal ini, sesuai dengan tema HSN yang ke 59 “Menuju Indonesia maju dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan data berkualitas”.

Kepala BPS Kota Kendari, Wa Ode Sri Marjanawati mengatakan dengan tersedianya data-data statistik yang valid, memudahkan masyarakat mencari data sekaligus dimanfaatkan.

Diakuinya dalam melakulan pendataan sensus di lapangan petugasnya banyak menemui kendala. “Kendala di lapangan rata-rata responden di Kota Kendari masih menyimpan rasa curiga seperti tidak percaya terhadap kami. Kendati demikian, petugas kami mencoba meyakinkan mereka ketika, meski harus bolak balik ke rumahnya ,” ungkapnya.

Kota Kendari secara geofrafis mudah dijangkau wilayahnya, tetapi menghadapi responden sangat sulit. Tapi itulah tantangan yang dihadapi.

“Tugas pendataan harus diselesaikan, karena itu tanggungjawab kami,” pungkasnya

Melalui kesempatan ini, BPS senantiasa optimistis bisa menyajikan data – data yang valid dan berkualitas.

Kemudian, berusaha mensosialisasikan mengenai teknis dan standarisasi kegiatan statistik agar bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

Lanjut dia, masih dalam rangka HSN, pihaknya telah melakukan serangkaian kegiatan perlombaan yang diikuti oleh petugas dan mitra BPS. Adapun jenis lomba yang diperlombakan mulai dari pesan berantai, flashmob, sensus penduduk, kuis kahoot, hula hoop, domina dan pemilihan mitra terbaik BPS. Terakhir ditutup dengan upacara HSN dihalaman upacara Kantor BPS Kota Kendari, Kamis (26/09/2019)