Sesuaikan Tarif Iuran Angkutan Umum, Jasa Raharja dan Organda Tandatangani MOU
Keterangan Gambar :

Sesuaikan Tarif Iuran Angkutan Umum, Jasa Raharja dan Organda Tandatangani MOU

317 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – PT Jasa Raharja Sultra menandatangani nota kesepahaman penyesuaian tarif iuran angkutan kendaraan umum bersama DPD ORGANDA Sultra, Senin (6/3/2017). Penandatanganan ini sesuai dengan keputusan Menteri Perhubungan No.35 Tahun 2003.

Kepala Jasa Raharja Sultra, John V. Pandjaitan menjelaskan pihaknya bersama organda Sultra telah melakukan penjabaran dan perhitungan yang merujuk kepada keputusan Menhub. Untuk besaran iuran yang telah disepakati tarifnya bervariasi, dimana disesuaikan kategori angkutan berdasarkan jumlah kursinya.

PT Jasa Raharja Sultra menandatangani nota kesepahaman penyesuaian tarif iuran angkutan kendaraan umum bersama DPD ORGANDA Sultra, Senin (6/3/2017).

“Besar iurannya bervariasi, ada beberapa kelompok angkutan yang dikategorikan berdasarkan seat, ada angkutan taksi yang dibagi menjadi dua bagian yaitu yang seatnya 1 sampai dengan 4. Dan yang kedua, 5 sampai dengan 7 seat. Sama halnya dengan angkutan pedesaan, angkutan kota antar provinsi yang disesuaikan dengan jumlah seatnya” ungkapnya, di Kantor Jasa Rahardja Kendari, Senin (6/3/2017).

Ia menambahkan, berdasarkan UU No 33/2004 setiap penumpang kendaraan angkutan umum wajib membayar premi iuran wajib kendaraan bermotor umum. Dan para operator kendaraan bermotor umum wajib untuk menyetorkan premi yang telah dikutip dari penumpang, dimana ketika membayar ongkos sudah termaksud didalam premi itu.

Diharapkan dengan pembayaran itu dapat memberikan kepastian perlindungan kepada penumpang angkutan umum apabila nantinya terjadi kecelakaaan.

“Mengapa ini harus disetorkan kepada kami, supaya memberikan kepastian perlindungan penumpang angkutan umum bila terjadi kecelakaan,” jelasnya.

Kedepannya pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Sultra untuk angkutan laut.

“Kemarin kami sudah berkoordinasi dengan kepala Dishub Sultra guna melakukan inventarisasi moda transportasi laut,” pungkasnya. (C )

About author