Sensus Penduduk 2020 Gunakan Metode Online
Keterangan Gambar : Kepala BPS Provinsi Sultra, Moh. Edy Mahmud

Sensus Penduduk 2020 Gunakan Metode Online

14 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Dalam Sensus Penduduk (SP) 2020, akan ada metode sensu baru yang akan digunakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu metode berbasis online.

Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Moh. Edy Mahmud mengatakan, metode online tersebut merupakan salah satu dari dua metode yang akan digunakan dalam SP 2020 nanti selain metode kombinasi.

Metode online merupakan tahap pertama dimana masyarakat dapat berpartisipasi langsung, dengan mengakses www.sensus.bps.id yang dimulai pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020″, ujarnya saat ditemui dalam rakor SP 2020 Sultra di Hotel Claro Kendari, Senin, (16/12/2019).

Edy menjelaskan, untuk tahap kedua rencananya akan dimulai di bulan Juli 2020 dengan menggunakan metode kombinasi dengan melakukan pengumpulan data kependudukan yang memanfaatkan data yang sudah ada untuk dijadikan sebagai basis dan akan dilengkapi dengan sampel survei.

Data dasarnya akan menggunakan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten/kota se Sultra” kata Edy.

Kedepannya diharapkan melalui SP 2020 ini akan dapat menghasilkan data kependudukan yang lebih lengkap dan jelas serta semakin baik lagi dari sebelumnya.