Sensus Ekonomi, Gambaran Besar Kondisi Ekonomi Indonesia
Keterangan Gambar : Foto bersama BPS sultra dan perwakilan BPS RI

Sensus Ekonomi, Gambaran Besar Kondisi Ekonomi Indonesia

40 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Sensus Ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia (RI) setiap 10 tahun sekali yang bertujuan mendata kondisi perkembangan ekonomi diseluruh Indonesia.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS RI, Sasmito Hadi Wibowo mengungkapkan, melalui sensus ekonomi kita akan dapat mengetahui berapa saja jumlah usaha yang ada di Indonesia, aktifitas ekonominya, besaran aset dan investasinya juga jumlah tenaga kerja yang dapat diserap oleh aktifitas ekonomi non pertanian.

“Data yang kami kumpulkan nanti akan digunakan pemerintah dalam merencanakan kebijakan-kebijakan untuk bidang ekonomi di Indonesia” ungkapnya saat diwawancarai di Swiss Bell Hotel Kendari, Kamis, (13/4).

Dalam kegiatan yang telah dimulai sejak tahun 1986 ini, masyarakat diharapkan agar dapat ikut bekerja sama dalam membantu BPS RI untuk mengumpulkan data kegiatan ekonomi dengan cara memberikan data secara jujur dan jelas kepada petugas-petugas BPS yang melakukan pendataan di masyarakat sehingga kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah melalui data BPS RI dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal.

Sasmito juga menambahkan, selain pemerintah, data yang dihasilkan oleh BPS juga dapat digunakan oleh masyarakat juga para pengusaha didalam memberi arahan, pedoman dan mendorong meningkatkan aktifitas ekonomi di daerah-daerah di Indonesia.

“Data hasil Sensus Ekonomi kita diharap dapat menjadi basis untuk mendorong dalam melakukan penyebaran usaha-usaha kecil maupun besar di Indonesia” tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan Sensus Ekonomi terbaru telah dilakukan pada tahun 2016 mulai tanggal 1 – 31 Mei yang dilaksanakan serempak diseluruh daerah di Indonesia melalu perwakilan BPS RI yang ada di setiap provinsi di Indonesia.(C)