Sempat Mencekam, TNI-Polri Gelar Patroli Gabungan
Keterangan Gambar :

Sempat Mencekam, TNI-Polri Gelar Patroli Gabungan

611 views
1

Kendari, Radarsultra.co.id – Pasca aksi Unjuk Rasa (Unras) besar-besaran yang dilakukan oleh ribuan mahasiswa dari berbagai Universitas di Kota Kendari pada 26 September 2019 lalu, masyarakat kerap mengeluhkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kurang kondusif, khususnya di wilayah sekitaran kampus Universitas Halu Oleo (UHO).

Kabid Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) AKBP. Harry Goldenhardt mengatakan, pihak kepolisian sudah banyak mendengar laporan dari masyarakat yang merasa terganggu dan tidak nyaman dengan adanya aksi beberapa oknum masyarakat yang menimbulkan keresahan. Jalan umum diblokir hingga adanya aktifitas yang meresahkan dari oknum kelompok masyarakat yang hingga saat ini belum diketahui identitasnya.

“Jadi mungkin dari teman-teman media sendiri juga sudah banyak mendengar dan sudah banyak laporan dari masyarakat yang merasa terganggu dan tidak nyaman dengan adanya aksi beberapa oknum masyarakat yang tentunya bisa menimbulkan keresahan,” kata AKBP. Harry Goldenhardt saat ditemui di Mapolda Sultra, Minggu, (29/09/2019).

Untuk memberikan jaminan kenyamanan kepada masyarakat, tim Gabungan dari TNI-POLRI melaksanakan patroli skala besar di beberapa wilayah di kota Kendari.

AKBP. Harry Goldenhardt mengatakan, patroli gabungan tersebut merupakan patroli dialogis yang menyisir seluruh wilayah di kota Kendari, khususnya wilayah yang menjadi keresahan masyarakat.

“Jalur patroli adalah wilayah-wilayah yang menjadi keresahan dari masyarakat, konteks patrolinya kita mengedepankan patroli dialogis, ketika ada oknum masyarakat yang berkumpul dan mengganggu perjalanan kaki tentunya kita datangi kita berdialog, kita mengajak untuk sama-sama tidak menggangu, karena jalan itu juga masyarakat lain juga membutuhkan sehingga jangan sampai mengganggu ketertiban umum,”

Patroli tersebut, lanjut Harry melibatkan 150 personil gabungan TNI-POLRI dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU), Brimob, Shabara dan Dalmas Polda. Tim gabungan TNI-POLRI sudah melakukan patroli sejak Sabtu, (28/09/2019) dan akan berlangsung pada siang dan malam hari hingga situasi Kamtibmas dipastikan aman dan kondusif.