Seminggu  Lagi, USBN Tingkat SMP Digelar
Keterangan Gambar :

Seminggu Lagi, USBN Tingkat SMP Digelar

293 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) akan digelar sepekan lagi tanggal 17-19 2017 April, dimana USBN merupakan penentu kelulusan siswa dan siswi.

Untuk USBN baru diadakan tahun,  sedangkan tahun kemarin US mencakup 10 mata pelajaran, dan tahun ini pemerintah menaikkan standar untuk tiga mata pelajaran menjadi standar ujian nasional.

“Artinya soal dibuat dipusat yang memiliki presentase, adapun tiga mata pelajarannya yakni Pendidikan Agama Islam, IPS, dan Kewarganegaraan. Sementara itu, untuk pelaksanaannya serentak dilaksanakan pada tanggal 17 sampai 19 April 2017,” ungkap Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar DIKMUDORA Kota Kendari,  Muchdar saat ditemui diruangannya, Selasa (11/4/2017).

Ilustrasi

Untuk Kota Kendari dari 54 SMP dan MTs 10 diantaranya melaksanakan UNBK dan 44 sekolah lainnya melaksakan UNKP. Adapun kebijakan Pemerintah Kota Kendari terkait dengan pengawasannya menggunakan system silang sama halnya dengan UN. Dan jenis ujiannya ada dua metode.

“Untuk jenis ujian tahun ini ada dua yaitu,  Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Mengenai pengawasannya untuk UNBK ada 10 sekolah dan pengawasannya sekitar sekolah penyelenggara UNBK saja, dan untuk UNKP pengawasannya hanya  sekolah-sekolah yang melaksanakan UNKP juga. Jadi pengawasan untuk USBN nanti kami tidak campur aduk,” katanya.

Sementara ini, untuk kesiapan soal-soalnya sudah siap, di titik simpannya. Nanti pada saat pelaksanaanya baru di ambil.

“Kemarin kita hanya menunggu data yang agama, sebab agama itu untuk SMP seragam semua, sementara untuk Madrasah pelajaran agamanya berbeda dengan sekolah umum. Dimana sekolah agama ada pelajaran Al-Qur’an Hadits, Fikih dan lainnya. Jadi kita hanya menggandakan soal untuk sekolah-sekolah umum saja, sedangkan sekolah agama kita kembalikan ke DEPAG. Tetapi pelaksanaannya tetap di waktu yang sama,” tambahnya.

Kemudian untuk yang merakit soal dari pusat dan MGMP, jadi 3 mata pelajaran ini MGMPnya di panggil di pusat untuk penandatanganan MoU tentang perakitan soal tersebut.

Untuk diketahui bahwa USBN ini merupakan penentu kelulusan, itulah tingkat soalnya dinaikkan oleh pusat. Sementara UN hanya memetakan kemampuan siswa, tetapi penentu kelulusan juga dikembalikan kepada sekolah masing-masing melalui mekanisme disekolah tersebut. Dan kritera kelulusan tiap sekolah itu berbeda, baik dari segi nilai dan keperibadian.

Muchdar berharap supaya guru-guru yang asal sekolahnya melaksanakan UNBK juga pergi mengawas ke sekolah-sekolah yang juga melaksanakan UNBK, sehingga bisa melihat bahwa dia melihat langsung prosesnya. (C )

About author