Selaraskan Perencanaan Pembangunan, Forum Bappeda se-Sultra 2022 di Gelar

Selaraskan Perencanaan Pembangunan, Forum Bappeda se-Sultra 2022 di Gelar

0

Kolaka Utara, Radarsultra.co.id – Sebagai bentuk upaya dalam menyelaraskan perencanaan pembangunan berbagai daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra menggelar Forum Kepala Bappeda se-Sultra, Selasa, (7/12/2022).

Ketgam: Forum Kepala Bappeda se-Sultra yang digelar di Kolaka Utara.

 

Forum tersebut digelar di Kolaka Utara (Kolut) dengan dihadiri seluruh kepala Bappeda se-Sultra beserta dengan timnya masing-masing.

Kepala Bappeda Sultra, Robert menjelaskan, ada berbagai hal yang dibahas dalam forum tersebut termasuk didalamnya yaitu pertukaran informasi dan koordinasi perencanaan yang kedepannya akan dapat menyelaraskan perencanaan setiap daerah sehingga menjadi 1 garis koordinasi yang akan membantu mewujudkan target pemerintah baik dari pusat hingga ketingkat daerah.

Sesuai dalam aturan undang-undang terkait perencanaan, penyelarasan itu wajib baik dari pemerintah pusat dan daerah, dalam konteks agar bagaimana tujuan pembangunan nasional dari negara itu dapat dipenuhi dengan perencanaan yang dilakukan,” ujarnya.

Terlebih lagi, lanjut Robert, perencanaan pembangunan dari tiap kabupaten kota di Sultra itu berbeda-beda sesuai dengan ciri daerahnya baik itu kepulauan ataupun daratan, kondisi ekonomi, akses ke daerah dan keadaan lainnya, sehingga referensi dalam melakukan perencanaan pembangunan yang selaras jadi berkurang.

Untuk itu, forum yang kita selengarakan ditiap daerah berbeda tiap tahunnya ini menjadi sangat penting karena tiap daerah baik kepulauan maupun daratan akan bisa saling berkoordinasi dan bertukar informasi sehingga permasalahan perencanaan pembangunan ditiap daerah dapat diketahui dan diselesaikan dan perencanaan pembangunannya bisa diselaraskan sesuai target,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bappeda Kolut, Ihwan mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh pihak di daerahnya dan turut berpartisipasi di forum Kepala Bappeda se-Sultra dan dengan kehadiran para peserta ini, akan dapat melihat secara langsung kondisi daerah Kolut.

Terima kasih karena kami diberikan kesempatan menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga, Ihwan memaparkan beberapa target perencanaan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kolut, salah satunya yaitu rencana pembangunan bandara.

Kita telah mempersiapkan dari jauh terkait pembangunan bandara ini, baik lokasi pembangunannya dan juga aksesnya, serta telah didukung oleh warga masyarakat Kolut, kami juga meminta dukungan semua pihak agar rencana ini bisa diwujudkan kedepannya,” kata Ihwan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *