Sekda Kota Kendari Harap TPKJM Jadi Solusi Permasalahan Kesehatan Jiwa di Kota Kendari
Keterangan Gambar : Rapat koordinasi pembentukan TPKJM Tingkat Kota Kendari

Sekda Kota Kendari Harap TPKJM Jadi Solusi Permasalahan Kesehatan Jiwa di Kota Kendari

0
Kendari, Radarsultra.co.id – Sekretaris Daerah Kota Kendari Hj. Nahwa Umar, berharap agar Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Tingkat Kota Kendari mengatasi permasalahan kesehatan jiwa di Kota Kendari dan memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat.Rapa
Hal tersebut diungkapkannya dalam Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat TPKJM yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari di salah satu hotel di Kendari, Rabu, (23/06/2021).
Sehingga pasien dengan ganggun kejiwaan di Kota Kendari dapat berkurang dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Kendari”, ujarnya.
Nahwa mengatakan, bahwa menurut WHO, salah satu dampak yang timbul dari munculnya virus Covid-19 adalah dampak yang negatif bagi kesehatan jiwa atau stres pada berbagai lapisan masyarakat. Di Kota Kendari sendiri data pasien dengan gangguan kejiwaan meningkat di tahun 2020, yaitu sebanyak 435 jiwa, padahal di tahun 2019 sebelumnya hanya 120 jiwa pasien kejiwaan.
Lebih lanjut Nahwa Umar menjelaskan, masalah ini tidak dapat diatasi oleh pihak kesehatan jiwa saja, namun juga membutuhkan suatu kerja sama yang luas dengan lintas sektor yang melibatkan berbagai instansi termasuk peran serta masyarakat dan kemitraan swasta. Pencegahan dan pengendalian harus dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan.
Ingatlah sebuah ungkapan “Mens Sana In Corpore Sano” yang bermakna di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Oleh karena itu, marilah bersama-sama kita selesaikan permasalahan di Kota Kendari agar masyarakat lebih sejahtera”, ungkapnya.
Untuk diketahui, Rapat Koordinasi Pembentukan TPKJM Tingkat Kota Kendari tersebut di buka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari Hj. Nahwa Umar dan diikuti oleh 80 orang yang terdiri dari OPD terkait, Puskesmas se-Kota Kendari, akademisi, camat dan lurah se-Kota Kendari.
About author