Satpol PP Kendari Bongkar Pemukinan Kumuh di Bundaran Tank Anduonohu
Keterangan Gambar :

Satpol PP Kendari Bongkar Pemukinan Kumuh di Bundaran Tank Anduonohu

297 views
1

Kendari, Radarsultra.co.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kendari kembali melakukan penertiban lapak sekaligus penggusuran perumahan kumuh yang terletak di bundaran tank andonohu Kota Kendari, Jum’at (07/07/17).

Eksekusi pembongkaran tersebut dilakukan pada pukul 09.30 WITA, Jum’at (07/07/17) di bundaran tank Anduonohu, Kendari oleh ratusan anggota Satpol PP dibawah arahan kepala Satuan (Kasat) Pol PP Kota Kendari, Amir Hasan.

Kasat Pol PP Kendari, Amir Hasan yang ditemui dilokasi pembongkaran mengatakan bahwa pembongkaran yang dilakukannya tersebut untuk membersihkan dan menertibkan lapak sekaligus perumahan warga yang dianggap kumuh dan tidak layak dijadikan tempat tinggal.

“Ini bukan pembongkaran tapi pembersihan dan kemarin kami juga sudah tertibkan karena memang cukup kumuh sekali dan kita bisa lihat sendiri didalam memang tidak layak untuk dijadikan tempat tinggal,” kata Amir Hasan, Jum’at (07/07/17).

Kondisi Pemukiman Yang Telah Rata dengan tanah

Lebih lanjut Amir Hasan mengatakan, perumahan kumuh atau lapak yang didirikan oleh warga dipinggiran jalan di Bundaran Tank tersebut merupakan salah satu penyebab rawannya banjir di Kota Kendari.

“Terus yang kedua penyebabnya banjir selama ini, satu jam turun hujan langsung banjir karena itu disebabkan mereka tutup selokan sehingga saluran air tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan sekarang kami bekerja sama dengan pihak Dinas Kebersihan, mereka tarik selokan, kami bongkar rumah warga,” lanjutnya.

Memurut pantauan Radarsultra.co.id Sekitar empat bangunan perumahan kumuh warga yang dijadikan sebagai tempat berjualan aneka gorengan, Sari Laut dan makanan siap saji tampak diratakan dengan tanah.

Disaat yang sama, Amir Hasan juga mengatakan bahwa sebelum dilakukan pembongkaran, pihaknya tidak mendapatkan protes ataupun perlawanan dari warga pemilik lapak tersebut.

“Mereka biasa-biasa saja, tidak ada masalah, tidak ada komplain karena sebelumnya kami sudah komunikasikan sejak awal, kami datangi, kami sosialisasi bahwasanya mereka salah, dan kami hanya penegak perda,” ujarnya.

Pihak Sat Pol PP Kendari akan terus melakukan penertiban di seluruh wilayah kota Kendari dengan sasaran seluruh pemukiman yang dianggap kumuh di Kota Kendari. (B)