Sanksi Bagi PNS yang Terlibat Kanpanye Politik
Keterangan Gambar : Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) RI, Waluyo

Sanksi Bagi PNS yang Terlibat Kanpanye Politik

82 views
0

Kendari-Radarsultra.co. id :Dalam Peraturan Pemerintah (PP) 53/2010 disebutkan PNS yang ikut terlibat dalam segala bentuk kegiatan kampanye publik dengan mengacu kepada salah satu pasangan calon Pilkda/pilgub, maka akan dikenakan sanksi hukuman disiplin.

Seperti yang diungkapkan oleh komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) Waluyo bahwa PNS harus bersikap netral dalam menggunakan hak dan kewajibannya sebagai aparatur negara.

“PNS tetap memiliki hak suara seperti warga Negara lain, namun tidak boleh terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan propaganda politik lewat media visual ataupun verbal,” ujar Waluyo kepada awak media, Senin (23/1/2017)

Jika terbukti melakukan pelanggaran tersebut, maka PNS yang terlibat akan dikenai sanksi hukuman disiplin ringan, sedang, hingga berat.

Jenis hukuman atas pelanggaran ini termasuk diantaranya penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun, hingga penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Alamsyah Latunoni menghimbau agar PNS sebagai aparatur negara fokus pada pelayanan birokrasi, bersikap netral terhadap penyelenggaraan pilkada yang jatuh pada 15 Februari mendatang.

“Ibu Kota Provinsi Sultra ini harus menjadi role model bagi daerah lainnya khususnya dalam pelayanan birokrasi, karena itu jangan meracuni netralitas kita sebagai PNS dengn terlibat dalam kampanye politik ataupun politik praktis, saya apresiasi kinerja Komisi ASN terkait pengawasan khususnya jelang pilkada ini, ‘’ ujarnya

Untuk diketahui, Komisi ASN sendiri bertugas menjaga netralitas, melakukan pengawasan atas pembinaan profesi, untuk dilaporkan kepada Presiden.

Komisi ASN juga untuk pertama kalinya melakukan sosialisasi di lingkup Pemerintah Kota Kendari dengan pendekatan Sosialisasi kepada Aparatur Sipil daerah terkait penyelenggaraan Pilkada. ( C )

About author

Alifiandra Lala

Reporters. Graduated from faculty of science admnstrasi, Haluoleo University, Southeast Sulawesi. Stay on city of Kendari, Southeast Sulawesi. Street in Supu Yusuf 2. I love traveling, writing, poetry and singing. I am very pleased to have the opportunity to work in radarsultra.co.id. Thank you for the trust and the opportunity that has been given.