Sambut HUT RI ke 76 Tahun, Wali Kota Kendari Ikuti Zikir dan Doa Kebangsaan
Keterangan Gambar : Wali Kota Kendari, mengikuti zikir dan doa bersama lintas agama menyambut HUT RI Ke 76 Tahun

Sambut HUT RI ke 76 Tahun, Wali Kota Kendari Ikuti Zikir dan Doa Kebangsaan

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 76 tahun pada tanggal 17 Agustus 2021, perwakilan dari lintas agama menggelar zikir dan doa kebangsaan, dalam acara tersebut turut hadir Presiden Joko Widodo ( Jokowi ), Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Watimpres dan sejumlah tokoh lintas agama. Minggu malam (1/8/2021).

Ketgam : Presiden Joko Widodo, saat mengikuti zikir dan doa bersama menyambut HUT RI ke 76 Tahun

Dalam kesempatan itu Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir turut mengikuti Zikir dan Doa Kebangsaan menyambut HUT RI Ke 76 tahun secara daring di Media Center Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota.

Dikutip dari https://www.presidenri.go.id/ Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa kemerdekaan yang kita nikmati hari ini merupakan berkat rahmat Allah Swt. Tuhan Yang Mahakuasa, buah perjuangan dari para syuhada, dan semangat persatuan dan kebersamaan dari seluruh anak bangsa tanpa mengenal perbedaan suku, agama, dan juga golongan. Saya percaya, semangat kebersamaan dan gotong royong yang diwarisi oleh para pendiri bangsa akan selalu melekat dalam jiwa kita laksana api yang menyala-nyala, terutama di saat bangsa dan negara kita menghadapi ujian dan tantangan.

“Saat ini, negara kita sedang menghadapi ujian yang sangat berat, yaitu pandemi Covid-19. Karena itu, saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk bergandengan tangan, merapatkan barisan, bahu-membahu melakukan ikhtiar lahir maupun batin, bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19”.
Jokowi juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas berbagai upaya, bantuan, dan juga dukungan dari alim ulama, dari para pemuka agama, dan para mubalig yang selalu mengajak umat untuk mematuhi protokol kesehatan, membantu percepatan vaksinasi, serta membimbing dan mendampingi umat melalui situasi yang sulit ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membukakan jalan bagi kita semua, meridai dan memudahkan semua upaya dan langkah-langkah kita sampai mencapai kemenangan melawan pandemi Covid-19

Melalui zikir dan doa bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan dalam acara tersebut tidak hanya diikuti oleh umat muslim namun juga sejumlah tokoh lintas agama.

“Berhimpun para tokoh lintas agama yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu kita semua bersama-sama memanjatkan doa sesuai keyakinan dan tata cara masing-masing untuk keselamatan dan kemaslahatan seluruh bangsa,” kata Yaqut.

Menag mengatakan sebagai umat beragama doa merupakan senjata ampuh bagi orang yang beriman. Doa adalan penenang jiwa dan penumbuh harapan hidup.

“Kehidupan harus dijaga sebagai anugerah terbesar dari Tuhan. Kita percaya atas kemahasempurnaan Tuhan dan kita yakin bahwa hanya Allah, Tuhan yang memiliki sikap Rohman dan Rohim pasti akan menolong dan menyelamatkan kita semua baik sebagai individu sebagai masyarakat maupun sebagai bangsa,” ujarnya.

Memasuki bulan kemerdekaan, menandakan bahwa bangsa Indonesia akan kembali merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-76, pada 17 Agustus 2021 mendatang. Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Republik Indonesia hari ini menggelar acara “Dzikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka” yang digelar secara virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting, Minggu (1/8).
Selain itu, meski digelar secara terbatas, kegiatan yang berpusat di Istana Merdeka ini tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Dengan mengusung tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, peringatan kemerdakaan HUT ke-76 RI tahun ini berlangsung dengan khidmat melalui acara Dzikir dan Do’a Kebangsaan yang merupakan tradisi pembuka Bulan Kemerdekaan tahun ini.
About author