Sah! KPU Butur Tetapkan Tiga Paslon Berkompetisi di Pilkada Butur
Keterangan Gambar :

Sah! KPU Butur Tetapkan Tiga Paslon Berkompetisi di Pilkada Butur

61 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Setelah melalui proses verifikasi dokumen syarat Calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara (Butur) mulai dari tahapan pendaftaran hingga perbaikan dokumen, ketiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Butur yakni Abu Hasan-Suhuzu, Ridwan Zakaria- Ahali dan Aswadi Adam-Fahrul Muhammad dinyatakan resmi sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Butur periode  2021-2025.

Ketgam : penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Butur diserahkan secara langsung kepada masing-masing LO Paslon

Kordiv. Penyelenggara dan teknis KPU Butur, Muh. Sairman Sahadia, SH mengungkapkan, ketiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Butur tersebut dinyatakan sah sebagai Paslon sesuai Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buton Utara Nomor 56/PL.02.2-Kpt/7410/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton Utara Tahun 2020 yang dikeluarkan melalui rapat pleno tertutup pada Rabu, 23 September 2020 di Kantor KPU Butur, Buranga.

Jadi dari ketiga pasangan calon dari Bapaslon yang mendaftar kita menetapkan tiga-tiganya sebagai pasangan calon Bupati dan wakil bupati Buton Utara. Penetapan itu dilakukan secara rapat pleno internal. Jadi semua komisioner hadir dalam rapat pleno,” ungkap Sairman saat dikonfirmasi awak media, Rabu, (23/09/2020).

Selain dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Butur, rapat pleno penetapan tersebut juga dihadiri oleh Bawaslu Butur, Partai pengusung masing-masing Pasangan Calon (Paslon) dan LO pasangan calon.

Karena rapatnya rapat pleno internal sehingga tidak melibatkan pihak lain dalam rapat pleno yang bersangkutan. KPU hanya menyampaikan salinan surat keputusan kepada Bawaslu, kepada pasangan calon dan partai politik pengusung,” lanjut Sairman.

Hasil rapat pleno penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Butur diserahkan secara langsung kepada masing-masing LO Paslon, Bawaslu Butur dan partai pengusung yang hadir dalam rapat pleno tertutup tersebut.

Kami serahkan tadi sore, Rabu, (23 September 2020). Penyerahannya setelah kita pleno kami serahkan di Help Desk pencalonan di gudang logistik KPU. Yang hadir itu kami serahkan melalui LOnya dan Parpol yang hadir termasuk Bawaslu,” jelasnya.

Sairman menyampaikan, Pasca penetapan, KPU Butur mengumumkan nama-nama pasangan calon yang telah ditetapkan dipapan pengumuman KPU dan laman atau website KPU.

Demi kelancaran Pilkada, Sairman mewakili seluruh komisioner KPU Butur berharap seluruh pasangan calon yang telah ditetapkan agar mengikuti seluruh tahapan Pilkada dengan baik dan patuh terhadap ketentuan yang ada.

Tadi itu semua unsur sudah kami sampaikan sesuai ketentuan yang ada. Apalagi saat ini Pilkada diselenggarakan dalam suasana wabah Pandemi Covid-19,” harapnya

Sehingga harapan kita ini bisa kita saling bahu-membahu dalam proses pelaksanaan Pilkada supaya baik KPU, Bawaslu, peserta pemilihan dalam hal ini calon Bupati dan Wakil Bupati ketiganya semua mendukung. Dan masyarakat kabupaten Butur agar kita melaksanakan seluruh rangkaian tahapan pilkada ini dalam kesadaran dan ketaatan kita terhadap protokol Covid-19,” tambahnya.