RPJMD Kota Kendari Masuk Tahap Konsultasi Publik
Keterangan Gambar :

RPJMD Kota Kendari Masuk Tahap Konsultasi Publik

Editors choice
1364 views
1

Kendari, Radarsultra.co.id – Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tahun 2017-2022 kini telah masuk tahap konsultasi publik.

Foto : Kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan RPJMD Kota kendari Tahun 2017-2022, Kamis (18/1/2018)

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapedda) Pemkot Kendari, Askar mengatakan, penyusunan RPJMD tersebut melewati beberapa tahapan mulai dari diskusi, proses penyusunan, konsultasi ke publik untuk di kritisi, kemudian masuk ketahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) hingga penyampaian ke DPRD Kota Kendari.

“Rancangan sudah jadi, sekarang ditahap konsultasi publik ini kita lempar ke publik agar bisa diberi masukan apa-apa saja yang kurang dan perlu diperbaiki di RPJMD ini” ujarnya saat diwawancarai usai kegiatan Konsultasi Publik RPJMD di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis, (18/1/2018).

Dalam RPJMD ini, lanjut Askar, ada banyak sektor yang menjadi prioritas seperti infrastruktur pendidikan dan kesehatan.

“Untuk Kota Kendari saat ini itu dulu yang kita utamakan” jelasnya.

Penyusunan RPJMD dilakukan sesuai dengan amanat undang-undang tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, bahwa setiap kepala daerah yang terpilih harus menyampaikan RPJMD ke DPRD paling lambat 6 (enam) bulan setelah dilantik.

Sementara itu Sekertaris Kota (Sekot) Kota Kendari, Alamsyah Lotunani mengatakan, RPJMD ini akan menjadi acuan pelaksanaan tugas-tugas Pemkot Kendari untuk 5 (lima) tahun kedepan yang nanti juga akan dijadikan Peraturan Daerah (Perda).

“Didalam RPJMD juga ini dituangkan semua janji-janji kepala daerah terpilih waktu kampanye” ungkapnya.

Alamsyah juga menambahkan, dala  penyususnan RPJMD juga disesuaikan dengan visi dan misi jangka panjang untuk menjadikan Kota Kendaei sebagai kota layak huni.

“Harapannya, Kota Kendari kedepannya menjadi Kota layak huni dimana masyarakat Kendari akan merasa tentram, nyaman dan aman serta persoalan yang dihadapi semakin sedikit” urainya. (A)