RKM Sultra Dukung Pemerintah Tangani Covid-19
Keterangan Gambar :

RKM Sultra Dukung Pemerintah Tangani Covid-19

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Rukun Keluarga Moronene (RKM) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung sepenuhan peran pemerintah dalam menangani kasus Covid-19 hingga keadaan kembali normal.

Hal tersebut diungkapkan Ketua RKM Sultra, Sitti Saleha saat menyampaikan pokok-pokok pikiran hasil Musyawarah kerja I RKM Sultra, di Kendari, Minggu, (12/09/2021).

“Meskipun tren kasus COVID ini melandai, Namun kita tidak boleh menengahi. RKM Sultra mendukung sepenuhnya pemerintah dalam penanganan COVID-19 hingga keadaan benar-benar kembali normal,” ujar Sitti Saleha.

Ketgam: Musyawarah kerja I RKM Sultra

Menurutnya, Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan sebagian masyarakat mengalami kesulitan ekonomi yang ditandai dengan daya beli meningkat dan semakin terbatasnya lapangan kerja.

Untuk itu, RKM Sultra meminta agar pembiayaan dan pembelanjaan negara lebih merupakan pencegahan dan pemulihan ekonomi kepada kelompok yang lebih Rentan dengan tepat sasaran dan tepat waktu.

Selain itu kata Saleha, dalam suasana belum stabil tersebut, maka kemungkinan masyarakat menimbulkan gejolak sosial di tengah-tengah.

“RKM Sultra meminta kepada pemerintah dan masyarakat luas untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam kemajemukan yang ada. RKM Sultra siap bergandengan tangan dengan organisasi paguyuban lainnya dalam memelihara kerukunan dan keharmonisan antar sesama anggota masyarakat,” kata Saleha.

Dalam giat musyawarah kerja RKM Sultra yang mengusung tema “optimalisasi dan sinergitas program kerja dalam pemulihan ekonomi di masa Pandemi COVID-19 tersebut, juga melahirkan beberapa program yang dipertimbangkan prioritas dan menuntut untuk dilaksanakan sehingga organisasi benar-benar hadir memberikan kontribusi dan solusi terhadap perkembangan, dan kebutuhan anggota atau yang terhimpun di dalamnya.

“Beberapa program yang akan menjadi perhatian dan prioritas sebagaimana yang disepakati dalam musyawarah kekrja ini diantaranya melakukan investigasi dan inventarisasi keanggotaan RKM Sultra dengan sistem data base menggunakan wabsite resmi RKM Sultra dan mendorong kerjasama dan keseragaman motif corak baju adat Moronene serta pelatihan penuntun adat,” kata Saleha

RKM Sultra akan mendorong terbentuknya unit-unit ekonomi kreatif melalui korporasi korporasi serta mendorong terbentuknya lembaga-lembaga konsultasi serta bantuan hukum, senergitas RKM, melakukan edukasi hukum serta advokasi.

Selain dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua RKM Sultra, Sitti Saleha, Musyawarah Kerja RKM Sultra ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina RKM Sultra, Sahrun Gaus, Sekjen RKM Sultra, Masrul dan pengurus RKM Sultra lainnya.