Ribuan Mahasiswa Tidak Terdaftar di Kemenristek Dikti
Keterangan Gambar :

Ribuan Mahasiswa Tidak Terdaftar di Kemenristek Dikti

Editors choice
648 views
1

Kendari-Radarsultra.co.id :Tinggihnya jumlah mahasiswa yang tidak terdaftar di pangkalan data Kemenristek Dikti pada laman forlap.dikti.go.id menuai aksi demo mahasiswa di gedung Rektorat Universitas Haluoleo (UHO) (26/01/2017).

Aksi demo dipicu karena status mereka tidak jelas dan ilegal. Dimana mahasiswa serta alumni yang belum terdaftar tersebut butuh kepastian.

Dikatakannya, sebanyak 19 fakultas, 254 jurusan atau prodi dan 54.000 mahasiswa yang terdaftar di UHO, namun yang terdaftar di kemenristek dikti yakni, 96 jurusan atau prodi, 17.864 mahasiswa. Artinya sebanyak 158 jurusan atau prodi dan kurang lebih 36.136 mahasiswa tidak terdaftar di kemenristek dikti dan dinyatakan ilegal sebagai mahasiswa.

Aksi demo tersebut sangat mengagetkan staf serta dosen yang berada di rektorat. Dalam aksinya mereka melakukan pemblokiran di jalan raya depan kampus, kemudian memasuki kawasan kampus hingga ke rektorat.

Puluhan mahasiswa tersebut membakar ban hingga mencoret-coret dinding teras rektorat. Tak hanya sampai disitu mereka pun menerobos masuk hingga ke ruangan PLT Rektor UHO.

Setelah beberapa menit kemudian akhirnya Pelaksanaan Tugas (PLT) Rektor UHO Supriadi menemui puluhan mahasiswa.

“Saya datang kesini kaget karena beberapa mahasiswa tidak terdaftar di pangkalan data. Dan inilah yang menjadi program utama saya selama menjabat,” ujar Supriadi, Kamis (26/1/17).

Saat di konfirmasi kembali dengan Humas UHO Maulid mengatakan Plt bersama tim lainnya akan menyelesaikannya secepat mungkin paling lambat dua bulan, dan akan mengutamakan mahasiswa yang akan wisuda dulu,” kata Maulid saat ditemui, Kamis (26/1/17).

Dalam pantauan Radarsultra.co.id di Jurusan Akuntansi, memang sedang di lakukan pendataan mahasiswa kembali, tertera di kertas pengisian biodata bahwa tertuliskan di bagian catatan batas pengumpulan berkas tanggal 30, jika tidak mengumpulkan maka tidak terdaftar di Kemenristek Dikti.

Supriadi berpesan kepada seluruh civitas akademika untuk bersabar, sebab seluruh pihak dan tim keseluruhan sedang berusaha secepat mungkin. (B)

About author