Resmi, Pengurus DPP Perhapi Sultra Dikukuhkan.
Keterangan Gambar : Pengurus PERHAPI perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu 19 Desember 2020.

Resmi, Pengurus DPP Perhapi Sultra Dikukuhkan.

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Bertempat di Hotel Claro, Ketua DPP Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI), Rizal Kasli resmi melantik Pengurus PERHAPI perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu 19 Desember 2020.

Ketua DPP PERHAPI dalam sambutannya, mengatakan meski pelantikan pengurus PERHAPI Sultra secara daring namun dirinya berharap tidak mengurangi hikmat dari acara pengukuhan pengurus ini.

Risal menyampaikan bahwa Provinsi Sultra adalah daerah yang memiliki sumber daya mineral dan batuan yang sangat menjanjikan. Beberapa diantaranya adalah Nickel. Dan berdasarkan data, jumlah kandungan Nickel di Sultra mencapai hingga 4, 4 miliar dengan cadangan hampir 1,8 miliar ton.

Olehnya itu, ia berharap agar sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Sultra secara khusus dan Indonesia pada umumnya.

Menyangkut persoalan pengelolaan pertambangan, menurut dia sejatinya di kelola dengan prinsip Good Mining Practice atau prinsip pengelolaan pertambangan yang baik dan benar sehingga oprasi pertambangan yang di laksanakan tetap mengacu pada keselamatan kerja dan memelihara fungsi lingkungan.

Sementara itu, Ketua PERHAPI Sultra  Ir. Burhanuddin dalam kesempatan itu mengucapan terimah kasih yang sebesar besarnya kepada pengurus DPP PERHAPI Pusat atas segala dukungan serta  bimbingan hingga tercapainya pelantikan pengurus  Provinsi  Sultra.

Sejak tahun 2019 momen ini telah kami nantikan namun karena adanya bencana non alam yang melanda sehingga pelaksanaan pelantikan pengurus PERHAPI  hari ini baru dapat terlaksanakan,” ujarnya, Sabtu, (19/12/2020), .

Lebih lanjut mantan Kadis ESDM Prov Sultra ini mengatakan bahwa Sulawesi Tenggara memiliki potensi sumber daya yang sangat besar dan tentunya pengurus PERHAPI Sultra yang hari ini telah di kukuhkan, di tuntut agar menjadi tuan rumah yang baik sebab kedepan Sultra akan kedatangan investor yang besar untuk melakukan kegiatan di sektor pertambangan.

Daerah kita sangat terbuka untuk investasi oleh karena itu, menjadi tugas kita sebagai anggota PERHAPI menjadikan daerah kita daerah yang benar benar dapat di kelola potensi pertambangannya dengan mengacu pada  Good Mining Practice,” ungkapnya.

Pj. Sekda Kabupaten Buton Utara ini juga mengajak untuk memikirkan investasi pertambangan berjalan aman dalam artian tidak terganggu oleh kegiatan kegiatan yang ada di sekitarnya.

Sehingga, kegiatan yang suda di laksanakan itu juga menjadi mata rantai dengan kegiatan masyarakat yang ada di lokasi pertambangan,” tutupnya.