Resmi, Diwan, S.Pd Jabat Ketua Definitif DPRD Butur Periode 2019-2024
Keterangan Gambar :

Resmi, Diwan, S.Pd Jabat Ketua Definitif DPRD Butur Periode 2019-2024

370 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (Butur), resmi melantik Diwan, S.Pd sebagai Ketua definitif DPRD Butur, Sulawesi Tenggara (Sultra), periode 2019-2024.

Pengambilan Sumpah jabatan resmi dilaksanakan langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Muna, Catur Prasetyo. Pelantikan ini berlangsung di ruang sidang kantor DPRD kabupaten Butur. Jum’at (25/10/2019).

Pelantikan Diwan sebagai Ketua Definitif DPRD Butur sesuai dengan amanat pasal 376 undang-undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, Bahwa pimpinan DPRD kabupaten/kota berasal dari partai politik berdasarkan perolehan kursi terbanyak.

Pimpinan Definitif DPRD kabupaten Buton Utara terdiri dari satu ketua dan dua wakil ketua, yakni
Diwan sebagai Ketua dari partai PAN yang memperoleh sebanyak lima kursi, kemudian Wakil Ketua I Ahmad Afif Darvin dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang memperoleh sebanyak empat kursi, dan wakil ketua II Septi Rahma dari Partai Golongan Karya (Golkar) yang memperoleh sebanyak tiga kursi

Dalam sambutannya Ketua DPRD Butur, Diwan, mengatakan komitmen sebagai pimpinan DPRD kabupaten Buton Utara masa jabatan 2019-2024, bahwa dalam menahkodai serta mengimplementasikan fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi pengawasan dan fungsi penganggaran akan terus menjaga martabat dan marwah lembaga legislatif ini sehingga tidak menimbulkan citra dan preseden buruk yang bertentangan dan berakibat hukum, baik secara keanggotaan maupun secara kelembagaan.

“Pimpinan dan anggota dewan adalah satu kesatuan yang utuh oleh karena itu. Marilah kita bersama bekerja sama demi kemajuan daerah yang kita cintai ini kabupaten Buton Utara, tidak perlu pertentangan, prasangka buruk ataupun membangun image negatif terhadap keberhasilan kami selaku pimpinan dewan saat ini,” ucapnya.

“Perkenankan kami atas nama pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Buton Utara, menghaturkan ucapan terima kasih dan penghargaan tertinggi kepada seluruh warga masyarakat kabupaten Buton Utara yang telah berpartisipasi dalam pemilihan umum legislatif tahun 2019 dan mempercayakan kami untuk menjadi pimpinan DPRD kabupaten Buton Utara,” terangnya.

Di tempat yang sama dalam sambutannya Bupati Butur Abu Hasan, menyampaikan Selamat atas terlantiknya unsur pimpinan DPRD kabupaten Butur periode 2019-2024.

Lanjut Abu Hasan, berharap dengan pelantikan ini DPRD kabupaten Buton Utara, semakin dinamis, semakin progresif, semakin meningkat, pelantikan ini adalah awal ketua dan wakil ketua yang baru dalam melaksanakan tugas sebagai pimpinan DPRD kabupaten Buton Utara.

“Saya juga berharap pimpinan DPRD bersama anggotanya dapat bekerjasama saling menguatkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat kabupaten Buton Utara,”imbuhnya.

Sudah banyak prodak yang di hasilkan oleh DPRD tapi masih banyak yang perlu terus dilakukan. “Saya berharap agar DPRD dan seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Buton Utara yang kita cintai,”sambungnya.

Berhasil pembangunan daerah salah satunya tergantung dari peran-peran, partisipasi, subtansial DPRD kabupaten Butur, termasuk pada program pembangunan sehingga yang baru terlantik pimpinan DPRD betul-betul mewakili daerah pemilihannya, benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh amanah dan mewujudkan yang aman berbudaya dan religius.

“Kami berharap dengan pelantikan ini dapat semakin meningkatkan kerjasama antara legislatif dan eksekutif, sebagai mitra dalam melakukan program-program pembagunan, kontrol dari legislatif sangat kami harapkan dan pelaksanaan pembangunan pemerintah serta kemasyarakatan,”tegasnya.

“Semoga kedepan untuk kita bisa bersinergi untuk membangun daerah Buton Utara kearah yang lebih baik,”tutupnya.

Dalam pelantikan ini turut hadir, Jajaran OPD lingkup pemerintah Butur, Forkopimda, KPU dan Bawaslu, Kepala Desa/Lurah, Para Camat, Pimpinan Partai Politik, Ormas, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta puluhan tamu undangan lainnya.