Resmi Ditetapkan Kampus UMW, Mendikbud Letakkan Batu Pertama
Keterangan Gambar : Peletakan batu pertama di kampus UMS oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy

Resmi Ditetapkan Kampus UMW, Mendikbud Letakkan Batu Pertama

71 views
0

Wakatobi, Radarsultra.co.Id – Rencana pembangunan kampus baru Universitas Muhammadiyah Wakatobi (UMW) semakin jelas. Minggu (2/4/2017) siang tadi sekitar pukul 11.15 Wita, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, meletakkan batu pertama.

Kampus yang berlokasi di Desa Komala Kecamatan Wangi-Wangi Selatan tersebut mendapat perhatian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, setelah vakum selama 7 tahun.

Ketua pengurus daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Wakatobi, Zakaria menjelaskan rencana pembangunan kampus UMW tersebut sudah ada sejak tahun 2011 dan dua kali proses kepengurusan berganti hanya belum ada kepastian.

“Belum lama ini kami mendapatkan kejelasan sehingga ada kepastian pembangunan kampus ini,’ ujar Zakaria

Dalam laporannya dihadapan pihak kementerian sekaligus PP. Muhammadiyah, Zakaria menjelaskan setiap tahunnya ada sekitar 1000 calon Mahasiswa yang menamatkan pendidikannya dan hanya 20 persen menempuh kuliah di daerah lain selebihnya menganggur.

“Kami sangat berharap pembangunan UMW dipercepat karena setiap tahunnya ratusan masyarakat Wakatobi keluar daerah untuk kuliah. Saat ini seluruh mahasiswa UMW melakukan proses perkualiahan,” paparnya.

Kendati demikian UMW kata dia, masih mengalami tahapan proses yang membutuhkan dukungan kementerian pendidikan terutama mengenai ketersediaan sumber daya manusia sebagai tenaga dosen.

“Selain itu juga kami masih terkendala tenaga dosen dari program studi yang di programkan sebanyak 10 fakultas, maka kami harus membutuhkan 60 dosen yang harus dipersiapkan saat mendirikan Universitas, sehingga dengan adanya MoU antara Pemda Wakatobi dan UAD Yogyakarta kami bisa mendapatkan bantuan-bantuan tenaga dosen,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan rasa terimakasih terhadap Pemerintah Kabupaten Wakatobi yang telah menghadirkan Mendikbud dan Ketum Muhammadiyah untuk melakukan peletakan batu pertama UMW tersebut.

Dalam peletakan batu pertama tersebut. Selain Mendikbud, Muhadjir Effendy bersama PP. Muhammadiyah, Haedar Nashir, juga beberapa petinggi kementerian serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wakatobi, Arhawi, Ilmiati Daud, dan beberapa unsur Muspida serta perwakilan tokoh adat ikut bersama-sama meletakkan batu pertama satu persatu.(C)

About author