Resmi Dilantik, Anggota Panwaslu Diharapkan Siap Awasi Pilkada 2018
Keterangan Gambar :

Resmi Dilantik, Anggota Panwaslu Diharapkan Siap Awasi Pilkada 2018

110 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara resmi melantik 329 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa/Kelurahan se Kabupaten Konawe siang tadi, Kamis (18/1/2018). Anggota yang dilantik diharapkan siap awasi pelaksanaan Pilkada 2018.

Ketua Bawaslu Sultra Hamirudin Udu menyatakan, pelantikan tersebut bertujuan untuk meresmikan tugas anggota Panwaslu se Kabupaten Konawe, dimana sebelumnya telah melalui sejumlah tahapan seleksi penerimaan.

“Sekarang mereka telah resmi menjadi anggota panitia pengawas untuk mengawasi pelaksanaan pelaksanaan pemilihan Kepala daerah, Gubernur, hingga pemilihan legislatif,” ujarnya.

Menurut Hamirudin, tugas anggota Panwaslu cukup berat. Pasca pelantikan, mereka akan dihadapkan pada sejumlah pekerjaan yang harus dikerjakan dengan baik. Tahapan pertama, yakni pemutakhiran data pemilih.

“Tahap ini Panwaslu dapat memastikan PPDP yang diangkat KPU bukan tim sukses, bukan anggota parpol dan bukan pengurus parpol. Kemudian, mengawasi pelaksanaan coklit yang dilakukan oleh PPDP dengan fokus terhadap pengawasan terkait kegandaan, sudah meninggal atau pindah alamat tapi masih terdaftar pemilih, pemilih fiktif, keakuratan identitas pemilih, stiker tertempel pada rumah yang sudah dikunjungi, dan metode coklit sensus,” jelasnya.

Selain itu, pengawasan juga dilakukan terhadap verifikasi faktual terhadap dukungan calon perseorangan hasil perbaikan.

“Fokusnya pada keabsahan dukungan di B1 KWK, dan foto copy di B1 KWK harus dipastikan ditandatangani oleh pemberi dukungan. Jumlahnya diserahkan dan diverfikasi faktual kembali. Dan tahapan ketiga adalah vertual kepengurusan dan keanggotaan parpol, sekiranya KPU dapat menindaklanjuti keputusan MK,” tegasnya.

Hamiruddin berharap setelah resmi bertugas sebagai anggota Panwaslu, semua anggota telah siap menjalankan tugasnya yang akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Januari 2018.

Untuk diketahui, usai prosesi pelantikan ke 329 Anggota Panwaslu langsung mengikuti bimbingan teknis terkait pelaksanaan penyelenggaraan pilkada tahun 2018. (B)

 

About author