Resmi Beroperasi, Pabrik Es Curah di Butur Mampu Produksi Lima TON Perhari
Keterangan Gambar : Bupati Buton Utara Abu Hasan menyerahkan  sejumlah sarana prasarana perikanan kepada nelayan untuk mempercepat proses kerja nelayan di lautan.

Resmi Beroperasi, Pabrik Es Curah di Butur Mampu Produksi Lima TON Perhari

193 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Kemajuan baru dibidang perikanan, Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mampu menghadirkan pabrik es curah berkapasitas besar yang diklaim mampu memproduksi sampai 5 (lima) ton perhari.

Pabrik es curah berkapasitas besar

Bupati Buton Utara, Abu Hasan membuktikan janjinya untuk membangun Pabrik Es di  wilayahnya. Hal itu dilakukan untuk memenuhi keluhan masyarakat nelayan yang sangat sulit untuk mendapatkan Es sebagai pengawet ikan hasil tangkapan mereka.

Apalagi memang saat ini kabupaten Butur dikenal sebagai daerah yang memiliki potensi hasil laut terbesar di Sultra yang bisa menyuplai ikan dibeberapa daerah lainnya.

“Saya kira wajib kita harus adakan pabrik es ini agar nelayan kita tidak kesusahan lagi mendapatkan es untuk mengawetkan hasil ikan yang ada di sini,” ungkapnya saat meresmikan dan menyerahkan bantuan sarana prasarana perikanan di desa Malalanda Kecamatan Kulisusu, (31/12/2019).

Orang nomor satu di Butur itu mengatakan, kemampuan produksi pabrik es curah yang sanggup memproduksi 5 (lima) TON es perhari akan memudahkan nelayan dalam mendapatkan es, guna mengawetkan hasil perikanan yang ada.

Selama ini, nelayan hanya mengandalkan es batu plastik kecil produksi rumahan, sekarang harus ambilnya disini,” ungkapnya.

Selain meresmikan pabrik es curah, Abu Hasan juga menyerahkan  sejumlah sarana prasarana perikanan kepada nelayan untuk mempercepat proses kerja nelayan di lautan.

Bantuan tersebut berupa 48 unit perahu, 42 unit mesin Katinting, bibit rumput laut,  jaring tangkap, 6 unit sero, tali rumpon, dan 5 ton tali rumput laut yang semuanya tersebar di seluruh wilayah kecamatan yang ada di kabupaten Butur.

Nelayan kita cukup banyak, oleh karena itu bantuan kita bertahap dan berkesinambungan untuk terus kita bantu. Saya harap dimanfaatkan sebaik-baiknya, saya minta kadis di monitor pasca bantuan ini diserahkan,” pungkasnya.

Bantuan ini kita akan terus-menerus lakukan supaya masyarakat kita punya tambahan pendapatan untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. Manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, harap bupati,” lanjutnya.

Senada dengan pernyataan Bupati, kepala dinas perikanan Butur, LM. Karya Jaya mengatakan bahwa pabrik es curah ini bisa melayani seluruh nelayan di Butur.

Apalagi produksinya besar sekali sampai 5 ton per harinya. Saya berharap tidak ada lagi keluhan nelayan kita untuk tidak mendapatkan es sebagai pengawet ikan tangkapan mereka,” tukasnya.