Rekam Jejak Calrek, Mempengaruhi Keputusan Kementerian dalam Pilrek
Keterangan Gambar :

Rekam Jejak Calrek, Mempengaruhi Keputusan Kementerian dalam Pilrek

305 views
1

Kendari, Radarsultra.co.id – Setelah terpilihnya dan ditetapkannya 3 calon Rektor Universitas Haluoleo hari ini. Selanjutnya berkas akan dikirim ke Kementerian dan akan ada penyelidikan rekam jejak dari masing-masing calon. Hal tersebut akan mempengaruhi keputusan Kementerian dan proses Pilrek.

“Rekam jejak calrek itu sangat mempengaruhi, bahkan ketika sudah dilantik, ternyata ada rekam jejak yang menurut hukum melanggar aturan, maka prosesnya di ulang mulai tahapan nol kembali. Sebab mempengaruhi keputusan secara full dan telah di atur dalam aturan pemilihan rektor,” ungkap Ketua senat Aminuddin Mane, Kamis (16/3/2017).

Rekam jejak yang merupakan menjadi tugas KPK, ASN dan Komponen lainnya. Sehingga nantinya mudah-mudahan setelah pemilihan semua komponen clear.

Plt Rektor UHO, Supriadi mengatakan bahwa ini baru tahapan shet pertama, kemenangan ada di shet kedua dimana suara berada di tangan kementerian, senat dan Allah SWT serta terakhir perhitungan pada 23 nanti.

“Tidak lagi dibawah di Kementrian, namun suara kementerian diberikan melalui diskusi. Sehingga suaranya apakah dibagi rata atau ke calon tertentu itu tergantung diskusi kementerian,” katanya.

Sementara itu, suara kementerian diperoleh berdasarkan berkas yang diserahkan, visi dan misi yang dipelajari, dan bersama rekam jejak yang lainnya, maka jatuhlah keputusan kementerian berikan suaranya kemana. Dan keputusan itu digabung dengan suara dari senat.

Aminuddin menambahkan bahwa suara hari ini tidak mempengaruhi kemenangan, hanya untuk menetapkan 3 calon terpilih. Nanti tanggal 23 Maret anggota senat kembali akan menyalurkan hak suaranya bersama kementerian yang akan menentukan siapa Rektor devintif.

Terakhir, Dirjen Kelembagaan Inspektorat Tekhnologi Perguruan Tinggi, Dr Ir Patdono Suwignjo M Eng SC mengucapkan terima kasih atas civitas akademika Universitas Haluoleo.

“Terima kasih atas civitas akademika Universitas Haluoleo, yang telah melanjutkan proses pemilihan Rektor ini, yang kita anggap telah berlangsung dengan baik dan kedepannya kita berharap bahwa proses yang telah dilaksanakan ini berjalan dengan baik. Sehingga tahapan selanjutnya bisa berjalan dengan baik pula, serta siapapun Rektor terpilih dapat diterima dan dapat merangkul seluruhnya,” ungkap Dr Ir Patdono Suwignjo ditempat yang berbeda, Auditorium , Rabu (15/3/2017). (B)

About author