Rapid Tes, Satu Warga Banubanua Jaya Reaktif, Begini Penjelasan Jubir GTC-19 Butur
Keterangan Gambar : Ilustrasi

Rapid Tes, Satu Warga Banubanua Jaya Reaktif, Begini Penjelasan Jubir GTC-19 Butur

1561 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Dengan banyaknya kasus terkonfirmasi positif dari kluster Kapal Muatan (KM) Lambelu, dan KM Dorolonda, dan kluster Temboro Magetan wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), maka Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTC-19) Butur melakukan Rapid Tes ulang pada kluster tersebut.

Ketgam : Jubir GTC-19 Butur, dr. Ali Badar

Juru Bicara (Jubir) GTC-19 Butur, dr. Ali Badar mengungkapkan ada delapan orang yang di rapid untuk  khusus wilayah Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara yang dilakukan di RSUD Butur dan hasilnya satu orang reaktif atas nama inisial Tn. H dan lainnya negatif.

Untuk diketahui, Tn. H sendiri diketahui sudah sebulan lebih sejak menumpangi KM. Lambelu. Sebelumnya Tn.H sudah pernah dilakukan rapid tes dan hasilnya non reaktif, kurang lebih sebulan kemudian dilakukan rapid tes ulang dan hasilnya reaktif.

“Hasil reaktif hanya menunjukkan antibodi yang terbentuk, bukan menunjukkan positif Covid-19,” ungkap dr. Ali Badar saat dikonfirmasi via WhatsApp, Sabtu malam, (16/05/2020).

Menindaklanjuti temuan tersebut, dr. Ali mengatakan pemeriksaan Swab Tes atau Polymerase Chain Reaction (PCR) yang merupakan satu-satunya standar pengujian COVID-19 yang diakui WHO sebagai penentu diagnosis Covid 19 akan di lakukan paling cepat pada Selasa, 19 Mei 2020 mendatang.

“Karena bahan pengambilan sampel sementara perjalanan. Yang akan di swab semua orang dari Butur dengan kluster KM. Lambelu, KM. Dorolondo dan kluster Temboro Magetan,” kata dr. Ali.

Sementara itu, untuk 1 (satu) orang yang rapid reaktif akan di lakukan isolasi mandiri di Pustu Banubanua Jaya sampai hasil swab keluar.

“Sementara yang lainnya sudah di edukasi pihak puskesmas untuk karantina mandiri di Rumah hingga ada hasil swab,” tutupnya