Rangkaikan Penutupan HUT ke-14 Wangsel, Ini Sejumlah Atraksi Budaya yang Ditampilkan
Keterangan Gambar :

Rangkaikan Penutupan HUT ke-14 Wangsel, Ini Sejumlah Atraksi Budaya yang Ditampilkan

113 views
0

Wakatobi-Radarsultra.co.Id – Puncak hari ulang tahun (HUT) Kecamatan Wangi-Wangi Selatan(Wangsel) ke-14 yang diselenggarakan, Sabtu(15/4/2017), dilapangkan Pengulubelo, Kecamatan Wangsel Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara, menampilkan sejumlah atraksi budaya.

Acara yang bertemakan budaya ini memadukan lakon sejumlah tarian tradisional serta ragam pakaian khas daerah, diantaranya tari tamburu liya serta honari mosega yang merupakan tarian adat Liya

Menyusul tarian kuda Aadara, salah satu tarian masyarakat Kapota dan Kabita juga menampilkan atraksi budaya dengan seekor patung kuda yang dibuat menyerupai kuda asli ditunggangi dua panglima perang. Atraksi budaya kedua Desa itu dilakonkan para tetua adat.

Demikian karnaval budaya Mola diperankan masyarakat Desa Mola Raya serta karnaval Lengko dan Kansoda’a. Biasanya rombongan kedua karnaval baik lengko yang merupakan tarian khusus bagi anak lelaki yang beranjak dewasa maupun Kansoda’a, tarian berupa memikul gadis remaja ini ditampilkan sebagai tarian masyarakat lokal pada setiap penyelenggaraan festival atau rangakaian kegiatan ulang tahun Kabupaten Wakatobi.

Selain itu sejumlah pertunjukan karnaval siswa. Mulai dari siswa taman kanak-kanak dan kelompok bermain usia dini,para siswa SD dan kelompok salon serta Tari kolosal.

Dalam acara tersebut rombongan karnaval yang dipandu kelompok masing-masing long march dari lapangan merdeka Wangi-Wangi menuju lapangan Pangulu Belo dimana rombongan pemerintah daerah dipimpin langsung Bupati Wakatobi,H.Arhawi bersama wakilnya, Ilmiati Daud stand by menyaksikan satu persatu pertunjukan karnaval. (C )

About author