Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Abu Hasan Imbau Tingkatkan Kepekaan Sosial
Keterangan Gambar :

Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Abu Hasan Imbau Tingkatkan Kepekaan Sosial

175 views
0

Buton Utara, Radarsultra.co.id – Ramadhan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) akan terasa berbeda dengan Ramadhan pada umumnya, aktifitas masyarakat di bulan suci Ramadhan seperti mudik, safari Ramadhan, buka puasa bersama dan aktifitas sosial lainnya kini menjadi hal yang dilarang di bulan Suci Ramadhan 1441 H ini.

Bukan hanya di daerah terpapar Covid-19 (zona merah), dampak sosial dari Covid-19 ini juga dirasakan di Kabupaten Buton Utara (Butur) yang saat ini masih berstatus daerah zona hijau dimana belum terdapat kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 di Butur selama bulan suci Ramadhan, sesuai instruksi presiden Joko Widodo yang melarang Mudik lebaran, Bupati Abu Hasan juga mengimbau masyarakat Butur yang berada di luar daerah untuk tidak mudik lebaran.

Presiden sudah mengeluarkan ketentuan untuk melarang mudik dan saya sebagai pejabat jajaran beliau tentu akan meneruskan itu untuk mengharapkan agar mudik kita imbau untuk tidak dilakukan,” kata Abu Hasan, Kamis, (23/04/2020).

Tetap bermudik saja di tempat domisili keluarga agar tidak berdampak pada diri sendiri, tidak berdampak pada keluarga, orang lain, dimanapun kita puasa, dimanapun kita berlebaran nilainya sama, mudah-mudahan tetap meningkat iman kita, amal saleh kita dan ketakwaan kita,” lanjutnya.

Menghadapi suasana Ramadhan di tengah pandemi Covid-19, Abu Hasan juga mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kepekaan sosial, saling bahu-membahu, dan saling melengkapi antara satu dan lainnya.

Momentum Ramadhan sebagai bulan sedekah ditengah-tengah suasana Covid-19 ini kita meningkatkan kepekaan sosial kita, kita meningkatkan kepedulian sosial kita, kita meningkatkan komitmen sosial kita membantu sesama ditengah-tengah suasana kekurangan, ditengah suasana saling membutuhkan,” ungkapnya.

Semua pihak saya mengimbau untuk membantu sesama, bergotong-royong saling memberi untuk meringankan beban baik yang mampu maupun yang tidak mampu, antar individu, kelompok, desa terutama terkait dengan upaya kita untuk mencegah penyebaran Corona dampaknya dan penguatan jaring pengaman sosial yang ada di Butur,” imbaunya.