QRIS Jadi Metode Pembayaran Pilihan di Wakatobi Wave 2021

QRIS Jadi Metode Pembayaran Pilihan di Wakatobi Wave 2021

0

Wakatobi, Radarsultra.co.id – Dalam rangka memperluas penerimaan dan pemanfaatan digital khususnya penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) di seluruh kalangan masyarakat, Bank Indonesia (BI) terus berkolaborasi dengan berbagai pihak mulain pemerintah daerah (Pemda), para pelaku ekonomi, UMKM dan masyarakat.

Ketgam: Wakatobi Wave 2021

Salah satu bentuk upayanya yaitu melalui pergelaran Wakatobi Wave 2021 yang dilaksanakan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) Dimana pada acara ini BI mengintegrasikan QRIS dengan kurang lebih 30 booth yang terdiri dari UMKM kuliner, ekonomi kreatif, dan fashion yang terlibat dalam pergelaran tahunan tersebut.

Melalui acara tersebut, masyarakat dan wisatawan yang berkunjung di Wakatobi dapat melakukan transaksi secara digital menggunakan QRIS yang tentu saja akan lebih efisien.

Kepala Perwakilan BI (Kpw) Sultra, Bimo Epyanto mengatakan, bahwa BI akan terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan pariwisata termasuk UMKM pendukung pariwisata dari segi sistem pebayaran digital QRIS yang akan lebih memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi dalam berbagai hal dan acara khususnya pada pergelaran Wakatobi Wave 2021 ini.

Selain pemanfaatan QRIS, KPwBI Provinsi Sultra akan bekerjasama dengan perbankan untuk melakukan layanan penukaran uang agar menjaga kualitas uang yang beredar mengingat Wakatobi merupakan wilayah 3T di Sultra,” ujarnya, Senin, (06/12/2021).

“Selain itu, kegiatan tersebut juga akan disertai dengan edukasi CBP (Cinta, Bangga, dan Paham) Rupiah kepada masyarakat di Wakatobi,” tambah Bimo.

Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Your email address will not be published. Required fields are marked *